Press "Enter" to skip to content

Antisipasi Konflik Antar umat Beragama, Kapolres Karanganyar Lantik 40 Pendeta Kamtibmas

berantasnews Karang Anyar.

Kepolisian Resor Karanganyar menciptakan satu terobosan kreatif lagi dengan membentuk Pendeta Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pendeta Kamtibmas).

Pendeta kamtibmas sendiri merupakan adopsi dari program milik Polres Karanganyar yang sudah ada sebelumnya yaitu Dai Kamtibmas. Hal ini mengingat peran tokoh agama sangat penting di tengah masyarakat. Hal ini dilakukan guna menciptakan kondusifitas masyarakat di Kabupaten Karanganyar.

 

Kapolres Karanganyar, Ajun Komisaris Besar Polisi Mahedi Surindra SH, SIK, mengatakan Pendeta memiliki fungsi kontrol dalam masyarakat terutama di lingkungan jemaat masing-masing.

Dengan terlibatnya Pendeta dalam menjaga kamtibmas melalui materi kebaktian bersama dengan jemaatnya, maka diharapkan kondusifitas masyarakat dapat lebih terjaga. “Nilai-nilai Kamtibmas akan lebih meresap kepada masyarakat jika disampaikan okeh para tokoh agama,” kata AKBP Mahedi Surindra, Sabtu (12-12-2015).

Sebanyak 40 pendeta dari seluruh wilayah Karanganyar dilibatkan dalam program ini.  Pembentukan Pendeta Kamtibmas ini adalah upaya penciptaan kamtibmas dengan melibatkan anggota masyarakat secara langsung. Dalam perannya, Pendeta Kamtibmas akan memberikan arahan kepada jemaatnya supaya tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum, terlebih sampai terjadi konflik antarumat beragama.

Dengan adanya para Pendeta yang memiliki link langsung dengan Polri, diharapkan permasalahan yang ada di masyarakat dapat diselesaikan dengan cara yang baik.

Pelantikan Pendeta Kamtibmas ini dilaksanakan di Aula Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu, dihadiri oleh Bupati Karanganyar Juliatmono, Dandim 0727 Karanganyar Letkol Inf Marthen Pasunda,  Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Karanganyar DR H Badaruddin, dan tamu undangan lainnya.(Tribrata/B-03)