Press "Enter" to skip to content

Koramil 09/Kandat Temu Tani Bahas Ekektifitas dan Efisiensi Alsintan.

berantasnews Kediri.

Usai Gelaran Pilkada ,Koramil 09/Kandat bersama BPP Kecamatan Kandat dan Mantri Pertanian Kecamatan Kandat mengadakan Temu Tani di Balai Seni Paguyuban Campursari Sekar Arum Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Sekitar 120 petani hadir dalam Temu Tani dalam rangka peningkatan produktifitas padi khususnya efektifitas dan efisiensi alsintan yang sudah dihibahkan oleh Pemerintah beberapa waktu yang lalu.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan Koramil Kandat termasuk Babinsa untuk terus mendampingi kegiatan pertanian di kecamatan kandat, terutama kelompok tani yang mendapat bantuan alsintan dari pemerintah” kata BPP Kecamatan Kandat Heru Purnomo, Jumat 11 Desember 2015.

Salah satu kebijakan pemerintah dalam penyediaan alsintan tersebut adalah melalui kegiatan bantuan alsintan. Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi dibidang alat dan mesin pertanian (alsintan) serta meningkatnya permintaan alsintan tersebut oleh masyarakat terutama petani, sedangkan disisi lain harga alsintan yang umumnya masih belum terjangkau petani, maka pemerintah terus berupaya memfasilitasi kebutuhan alsintan tersebut.

“Bantuan alsintan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan petani dalam peningkatan produksi dalam kuantitas maupun kualitas secara lebih efektif dan efisien” jelas Mantri Pertanian Kecamatan Kandat Agung Prasetyo.

Bantuan alsintan ditujukan terutama untuk mendukung kegiatan pencapaian target produksi tanaman pangan, khususnya padi. Alsintan memiliki peranan penting dalam kegiatan usaha tani untuk memberikan mutu hasil yang lebih baik dan dilakukan dengan lebih efisien dan efektif.

“Kita (Koramil Kandat) akan selalu hadir di tengah-tengah petani, tetapi petani sendiri juga harus merawat dengan baik alsintan tersebut, jangan asal-asalan dalam menggunakannya” kata Danramil Kandat Kapten Czi Martono. (B-01)