Press "Enter" to skip to content

Kapolres Palu Dapat Apresiasi Masyarakat Pada Kegiatan Pengamanan Unjuk Rasa di KPU Provinsi Sulteng

berantasnews Palu

Pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2015 bertempat di depan kantor KPU Provinsi Sulawesi Tengah Jalan S. Parman nomor 58 Kota Palu, telah dilaksanakan kegiatan unjuk rasa dari kelompok massa pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut satu H. Rusdy Mastura dan H. Ihwan Datu Adam, SE.

12376466_643705069104628_7179773435435168951_n
Kedatangan mereka ke kantor KPU Provinsi Provinsi Sulawesi Tengah dikarenakan rasa kecewa terhadap kinerja KPU Provinsi terkait dengan kegiatan penghitungan suara pada Pilkada serentak tahun 2015 ini.
Massa menuntut agar KPU Provinsi tidak hanya menyampaikan permintaan maaf nya melainkan dapat bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukan.

Pada kesempatan tersebut sejumlah kurang lebih 100 massa hadir dalam rangka menyampaikan aspirasi nya. Mereka tidak hanya berasal dari wilayah Kota Palu saja melainkan beberapa kelompok dari luar kota Palu, rela datang untuk mendukung berlangsung nya kegiatan unjuk rasa tersebut. Pihak Kepolisian Resor Palu melakukan pengamanan kegiatan unjuk rasa tersebut di sekitar kantor KPU Provinsi Sulawesi Tengah, selain dari personil Polres Palu sendiri, kegiatan unjuk rasa tersebut juga mendapat back up dari Dit Sabhara Polda Sulteng dan Satgas Brimob Polda Kaltim BKO Polres Palu.


Tampak pada kegiatan unjuk rasa tersebut telah tersedia satu unit kendaraan taktis water canon dan juga unit K~ 9.
Hal tersebut dilakukan semata-mata guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang dilakukan oleh pihak kelompok massa. Selama korlap menyuarakan orasi nya, kegiatan berlangsung aman dan terkendali.

Setelah dilaksanakan negosiasi kepada massa namun beberapa massa tetap ingin memaksa masuk ke kantor KPU Provinsi Sulawesi Tengah, akhirnya Kapolres Palu ABP Basya Radyananda, S.I.K mencoba mendekati massa dan dengan menggunakan sound system milik kelompok massa serta berada ditengah-tengah massa, Kapolres Palu berbicara bahwa pihak KPU provinsi Sulawesi Tengah yang berwenang untuk memberikan penjelasan sedang tidak berada ditempat, dikarenakan sedang berada di Jakarta. Untuk itu Kapolres menghimbau agar kelompok massa dapat kembali ke rumah masing – masing karena jika tetap memaksa masuk pun tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Setelah mendengarkan pernyataan dari Kapolres Palu tersebut, massa percaya dan sembari menyorakkan kalimat-kalimat “HIDUP KAPOLRES ….. HIDUP KAPOLRES” mereka membubarkan diri, setelah kurang lebih satu jam melakukan aksi unjuk rasa.

Masyarakat sendiri mengatakan ucapan terimakasihnya kepada Kapolres Palu atas pengamanan dan informasi yang telah diberikan.
Kegiatan berlangsung aman dan terkendali tanpa terjadi aksi anarkis dari pihak kelompok massa.

Diharapkan dengan adanya kegiatan terebut masyarakat tetap menjaga stabilitas kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di kota Palu dengan tidak mudah terprovokasi dengan kejadian yang ada serta tetap mendukung berlangsung nya Pilkada serentak tahun 2015 di Kota Palu agar tetap aman dan tertib. (Div Humas Palu/B-03)