Press "Enter" to skip to content

Kronologi Kebakaran Pom Bensin Dekat RS Haji Pondok Gede

berantasnews. Jakarta

Kebakaran yang terjadi dinihari tadi di SPBU Pinang Ranti, Jakarta Timur diduga berasal dari percikan api di mobil tangki. Saat itu mobil tersebut hendak mengisi Pertamax dan Pertalite di SPBU tersebut.

Kasubag Humas Polres Jakarta Timur Kompol Husaima mengatakan penyebab kebakaran diduga berasal dari percikan api dari selang truk tangki.

Kejadian bermula saat truk tangki bernopol B 9044 PEI hendak mengisi BBM jenis Pertamax sebanyak 8.000 liter dan jenis Pertalite 16.000 liter.

“Saat mengeluarkan selang dari truk tangki yang dibantu oleh security SPBU yang bernama Sakino tiba-tiba ada percikan api,” ujar Husaima kepada wartawan, Jumat (18/12/2015).

Saat itu, selang akan dimasukan ke tanki pendam. Namun petugas keamanan bernama Sakino melihat ada percikan api dan langsung mengambil alat pemadam. “Tapi api sudah keburu besar,” ujarnya.

Kompol Husaima menambahkan api dengan cepat menyambar ke semua sisi SPBU termasuk truk tangki. Mobil yang sedang mogok di depan pun ikut hangus terbakar. “Setengah jam kemudian api membesar dan ada enam kali ledakan,” tambahnya.

Api padam sekitar pukul 02.10 WIB. Api berhasil dipadamkan setelah petugas menerjunkan 16 unit mobil pemadam kebakaran. Empat orang dimintai keterangan sebagai saksi. (Div Humas PMJ/B-03)