Press "Enter" to skip to content

Tanggul Sungai Jantok di Kec. Papar Kediri Jebol TNI/Polri Bantu Warga Tanggulangi Banjir

berantasnews Kediri

kamis malam tanggul sungai jantok yang terlentang di desa sukomoro kecamatan papar kabupaten kediri jebol selebar lebih dari 10 meter, dari informasi keterangan warga setempat, belum dapat dipastikan jam berapa tepatnya tanggul jebol, yang pasti antara jam 11 – 12 malam air sudah masuk menggenangi ke pemukiman warga yang berdekatan langsung dengan tanggul. Kendati tidak memakan korban jiwa, banjir tersebut cukup mengagetkan warga sekitar.

.

 

“Informasi yang masuk ke kami (Koramil) sekitar jam 1 dini hari, belum diketahui secara pasti kapan tepatnya tanggul itu jebol” ungkap Danramil Papar Kapten Inf Tafsir, Jumat 18 Desember 2015.

 

 

Akibat dampak dari jebolnya tanggul tersebut, lahan pertanian seluas sekitar 60 hektar tergenangi air, kendati masih jauh dari kata mengganggu produktifitas pertanian, tetapi cukup beresiko apabila tidak segera diselesaikan.

 

“Banyak yang mengatakan ini semua (tanggul jebol) karena faktor hujan deras yang terus menerus sehingga volume air tidak mampu ditahan oleh badan tanggul atau dalam tanda kutip faktor alam yang dipersalahkan, tetapi ketika saya tendang bangunannya (badan tanggul), ternyata sudah keropos dan mudah hancur, jadi saya kira ini juga karena faktor manusia juga, karena struktur bangunannya (tanggul) sangat jelek “cetus Kapolsek Papar AKP Kamsudi.

 

Koramil 16/Papar bersama Polsek papar sejak pagi ini, mulai menutup tanggul yang jebol di desa sukomoro, dibantu dengan Koramil Purwoasri, Kunjang dan Koramil Plemahan serta Polsek Purwoasri. Ditargetkan hari ini sudah selesai, dikarenakan bantuan masyarakat yang cukup banyak, sangat mendukung penyelesaian penutupan tanggul yang jebol itu. (B-03)