Press "Enter" to skip to content

Kapolri Berharap Irjen Pol Basaria Panjaitan Jadi Motor Pemberantasan Korupsi

berantasnews Jakarta

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti punya pesan khusus kepada Inspektur Jenderal Polisi Basaria Panjaitan yang terpilih menjadi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Tentu secara pribadi saya harapkan bisa lebih maju lagi di dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi,”  kata Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti juga menambahkan, Pimpinan KPK terpilih merupakan orang-orang baru. Hanya Irjen Pol. Basaria Panjaitan yang paling berpengalaman di bidang penyidikan.

“Nah yang punya pengalaman di bidang penyidikan dan penegakan hukum ini kan Bu Basaria, saya harapkan jadi motor penggerak dari aksi-aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi,” ujar Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Irjen Pol. Basaria Panjaitan lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara 58 tahun yang lalu. Ia Berpengalaman di bidangnya dan  Pernah mengemban tugas di sejumlah posisi di Kepolisian. Dia juga pernah menjadi penyidik utama di Bareskrim Polri Tahun 2008 lalu.

Sementara dalam bidang akademis, pendidikan terakhir Irjen Pol. Basaria Panjaitan yaitu Magister Hukum Ekonomi UI.

Soal visinya di KPK, Irjen Pol. Basaria Panjaitan pernah mengungkapkan di hadapan Pansel Capim KPK, menginginkan  lembaga antirasuah itu mengambil posisi supervisi.  Ia juga ingin KPK bertindak sebagai koordinator penegak hukum dalam upaya pemberantasan korupsi.

“KPK tidak boleh memonopoli tindak pidana korupsi. Sebagai trigger mechanism berikan saja penyelidikan pada Polisi dan Jaksa, tinggal bagaimana KPK mengkoordinir penyelidikannya,” ujar Irjen Pol. Basaria Panjaitan. (Tribrata/B-03)