Press "Enter" to skip to content

Kodim 0824 Dukung Polres PAM Natal & Tahun Baru

berantasnews Jembar
Apel Operasi Lilin 2015yang digelar hari Selasa (23/12) di Alun-alun Jember dengan Pimpinan Apel Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif dihadiri oleh Dan Brigif 9/K, Kasdim 0824 Jember Mayor Inf Ali Cahyono S.Kom dan jajaran Forkopinda lainnya.
Pasukan Apel terdiri dari 1 SSK TNI, 3 SSK Personel Polres Jember, 1 SSK gabungan Satpol PP, Relawan, PMI dan lain-lain. Dalam sambutan Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres Jember disampaikan bahwa diharapkan pengamanan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 dapat dilaksanakan sesuai rencana pengamanan yang telah ada sehingga umat Kristiani dapat menjalankan ibadahnya dengan khidmad dan aman.
Dalam menghadapi Tahun Baru 2016 tentunya terjadi lonjakan aktifitas masyarakat baik di jalan-jalan, tempat hiburan, obyek wisata dan lain-lain tentunya menimbulkan kerawanan keamanan maupun kelancaran lalulintas inilah yang menjadikan latar belakang diadakannya operasi lilin secara terpusat dalam memberikan jaminan rasa keamanan bagi masyarakat serta kelancaran lalulintas.
Dalam wawancaranya Kapolres Jember menyampaikan bahwa langkah-langkah yang akan kita lakukan tentunya menyempurnakan langkah-langkah yang sudah kita lakukan pada pengamanan sebelumnya, disekitar 100 Gereja sebagai titik obyek pengamanan dengan bantuan TNI, Satpol PP Banser dan Pemuda Gereja sehingga memberikan jaminan keamanan bagi jema’at yang melakukan ibadahnya.
Terkait dengan Tahun Baru 2016 kita akan mengadakan “Car Free Net” dengan kegiatan jalan-jalan di Alun-Alun Jember, dengan harapan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan aman tanpa gangguan knalpot brong dan lain-lain. Terkait personel keamanan yang dilibatkan dari Polres Jember akan menurunkan sekitar 1000 personel, ditambah Brimob, TNI, Satpol PP, Banser dan relawan lainnya termasuk Off Road Jember.
Kasdim 0824 Ali Cahyono, S.Kom saat kami wawancarai tentang kesiapan TNI dalam Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016 menyampaikan bahwa TNI dalam hal ini Kodim 0824 senantiasa siap memberikan bantuan perkuatan dalam mengamankan setiap kegiatan masyarakat di Kabupaten Jember ini, terutama pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2016.
Terkait kekuatan tergantung permintaan Kapolres Jember, di Kodim 0824 sendiri ada sekitar 500 Personel dan apabila itu masih kurang tentunya jajaran TNI lainnya di Kab Jember ini juga siap digerakkan dalam membantu perkuatan pengamanan. Saat kami singgung masalah tehnis pemberian bantuan Kasdim 0824 menjawab bahwa semua itu sudah ada aturannya, jadi TNI akan memberikan bantuan sesuai aturan maupun ketentuan yang ada. (pendim0824)