Press "Enter" to skip to content

Pencegahan Narkoba,100 Sopir Bus AKAP Jalani Tes Urine Di Terminal Induk Bekasi

berantasnews Bekasi

Hasil tes urine terhadap seratus lebih sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Induk Bekasi, negatif semua.

“Alhamdulillah mereka negatif semua,” ujar AKP Sutoyo, Wakasat Narkoba Polresta Bekasi Kota, Rabu (23/12).

Tes urine itu sebagai upaya menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang yang akan pulang kampung dalam libur Natal dan Tahun baru 2016.

Sopir yang dilakukan tes urine ini sebagai upaya antisipasi agar mereka dalam membawa penumpang dapat menjalankan tugasnya tiba dengan selamat di lokasi tujuan.

AKP Sutoyo mengatakan, pihaknya akan memberi sanksi kepada sopir yang terbukti mengkonsumsi narkoba, “Pihak Polres akan merehab penggunanya, dan tidak menutup kemungkinan pengguna juga akan dikenai sanksi hukum sesuai dengan undang-undang narkoba,”  jelasnya.

“Ada sekitar sertatus lebih sopir bus AKAP yang kita ambil sampel tes urine. Bagi pengguna akan kita rehab dan untuk proses tes urine kita pusatkan di Terminal Induk Kota Bekasi, dan tidak menutup kemungkinan kita akan memberikan sanksi terberat kepada mereka (yang positif menggunakan narkoba) sesuai hukum yang berlaku,” Lanjut AKP Sutoyo.

Lanjut AKP Sutoyo, dari 100 orang sopir yang dilakukan tes urine, sejauh ini kata AKP Sutoyo, hasilnya belum ada yang terindikasi sebagai pengguna Narkotika.

Sementara itu Kepala UPTD Terminal Kota Bekasi Fathikun menambahkan proses tes urine bagi sopir sebagai bagian untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpang.

“Kegiatan ini adalah kerjasama antar-instansi terkait seperti Satlantas dan Satuan Unit Narkoba Polres Kota Bekasi serta Dinas Perhubungan Kota Bekasi.” tendas Fathikun (Div Humas PMJ/B-03)