Press "Enter" to skip to content

TNI AD Peduli Ketahanan Pangan Targetkan Cetak 200 Ribu Hektar Sawah

berantasnews Medan

TNI Angkatan Darat (AD) sesuai Program Pemerintah Peduli Ketahanan Pangan menargetkan mencetak 200 ribu hektare sawah pada 2016. Seluruh Kodam dan jajarannya dilibatkan untuk pencapaian target itu.

“Target kita untuk membantu Kementerian Pertanian, tahun depan itu 200 ribu hektare”, ujar Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono dalam acara Penanaman Perdana Padi Varietas Kartika 1-82 di Lahan Kodam I Bukit Barisan di Desa Ramunia, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Rabu (23/12).

KSAD memaparkan, Kodam di seluruh Indonesia sudah diperintahkan untuk menginventarisir lahan yang kemungkinan dapat diberdayakan untuk pencapaian target 200 ribu ha sawah.
“Seluruh Indonesia, seluruh Kodam-Kodam. Di Merauke sudah, Sumatera Selatan, NTT, termasuk Sumatera Utara, semua lini sudah kita kerahkan untuk menginvetarisir lahan-lahan yang bisa kita kembangkan,” ucapnya.
Penanaman Perdana Padi Varietas Kartika 183 dilakukan dengan mekanisme pertanian modern dan pola semiorganik, dan Padi itu ditanami di areal seluas 106 ha.

Sementara itu, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengapresiasi langkah TNI sebagai program yang luar biasa. Terlebih, mereka memanfaatkan teknologi terbaru, kata Mentan.
“Benihnya baru yang ditemukan TNI sendiri, yaitu Pak Widagdo, namanya Kartika 182 dengan produktivitas 11,2 ton per hektare, jelasnya.
Jika program itu terlaksana di seluruh Indonesia dan diawasi PPL serta Babinsa bersama-sama Polri, hasilnya akan luar biasa,”jelasnya.
“Seratus hektare saja per satu Desa atau satu Babinsa itu, jika 52.000 berarti 5 ribu hektare. Kalau kenaikan 3 ton saja sudah 15 juta ton,” ucapnya. (MHD/SPD)