Press "Enter" to skip to content

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti Segera Pensiun Enam Bulan Lagi, Inilah Kandidat Penggantinya

berantasnews Jakarta

Jenderal Badrodin Haiti akan segera pensiun enam bulan lagi. Sejumlah nama pun mulai bermunculan untuk menggantikan posisinya sebagai Kepala Kepolisian RI (Kapolri). Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sudah mulai menimang sejumlah nama calon pengganti Jenderal Badrodin Haiti. Salah satunya adalah Komjen Budi Gunawan.

“Kami akan ajukan nama-nama (calon Kapolri) dengan pertimbangan yang matang, Pak BG (Budi Gunawan, red) tentu berpeluang,” kata komisioner Kompolnas, Adrianus Eliasta Meliala saat dihubungi.

Sedangkan nama lain yang juga masuk adalah Komjen Dwi Priyatno yang saat ini menjabat sebagai Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri. “Pak Dwi Irwasum juga ada peluang,” sambung Adrianus.

Namun, katanya, keputusan terakhir nanti ada di presiden. “Presiden lah yang nanti turut mempertimbangkan,” ujar dosen di Universitas Indonesia itu.

Sebelumnya diketahui, keputusan Presiden Joko Widodo mengusulkan Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR sempat menghebohkan khalayak di awal tahun.

Sebab, hanya beberapa hari setelah Jokowi -sapaan Joko Widodo- menyodorkan nama BG ke DPR, ternyata Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjeratnya sebagai tersangka gratifikasi.

Hingga akhirnya BG kala itu mengajukan gugatan praperadilan atas surat perintah penyidikan (sprindik) KPK ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Gugatannya dikabulkan, namun Presiden Jokowi memilih menunjuk Badrodin Haiti menjadi Kapolri menggantikan Sutarman.(TB/Mhd)