Press "Enter" to skip to content

Kapolda Metro Jaya Kemacetan Ibu Kota Bukan Hanya Tanggung Jawab Polisi Tapi Tanggung Jawab Kita Bersama

berantasnews Jakarta

Persoalan kemacetan di Jakarta masih belum bisa diatasi dengan maksimal, Perlu penanganan yang lebih tepat dan cermat untuk mengurai kemacetan di Ibu Kota.

Polda Metro Jaya disebut sebagai salah satu pihak yang harus bertanggung jawab dan menemukan solusi kemacetan ibu kota, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs. Tito Karnavian menyebut, solusi untuk mengatasi kemacetan Ibu Kota bukan hanya tugas Polda Metro Jaya.

Kemacetan bukan hanya masalah kepolisian, tapi juga instansi terkait, sebut Kapolda Metro Jaya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun di Mapolda Metro Jaya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Instansi yang disebutkan termasuk dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Dinas Perhubungan dan Transportasi dan Kementerian Perhubungan serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan kemacetan di Jakarta.

Faktor itu antara lain, pertumbuhan penggunaan kendaraan pribadi yang meningkat setiap tahun tidak seimbang dengan pertumbuhan infrastruktur jalan. Pemerintah, juga, seharusnya memperhatikan hal itu.

Kapolda Metro Jaya sendiri memiliki beberapa solusi yang bisa diterapkan untuk menangkal masalah kemacetan di ibu kota, Salah satunya, menekan jumlah kendaraan pribadi, tapi dibarengi dengan ketersediaan angkutan umum yang layak jalan dan aman.

Perbaikan sistem transportasi, pengadaan LRT, MRT, Busway, agar masyarakat beralih ke transportasi publik, papar Kapolda Metro Jaya.

Soal infrastruktur jalan yang tidak seimbang dengan pertumbuhan kendaraan pribadi, Kapolda Metro Jaya menilai memang cukup rumit menemukan solusi.

Namun, Kapolda Metro Jaya berharap Pemprov DKI bisa melakukan pelebaran jalan. Setelah itu, Pemprov juga bisa membuat underpass atau fly over.

Budaya masyarakat dalam berkendara juga jadi perhatian Kapolda Metro Jaya, Menurut Kapolda Metro Jaya, pengendara di Jakarta banyak yang tidak mengindahkan peraturan dan malah menyebabkan kemacetan bertambah ruwet.

Masalah ini tergantung dengan masalah pendidikan dan upaya penindakan oleh Kepolisian dan pemerintah, tutup Kapolda Metro Jaya.(Div Humas PMJ/BN)