Press "Enter" to skip to content

Polda Metro Jaya : Siapkan Team Khusus Atasi Begal

berantas, Jakarta

Untuk pencegahan dan aksi nekat serta sadis Pelaku begal, Polda Metro Jaya sudah menyiapkan sejumlah langkah guna mengantasipasi maraknya aksi kejahatan jalanan ini.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian menyatakan Polda Metro Jaya sudah menyiapkan langkah preventif guna mencegah aksi begal.

Polda Metro Jaya, kata Kapolda, bakal menggencarkan patroli malam, khususnya di wilayah yang masuk kawasan rawan begal.

Kemudian juga memperkuat Pamswakarsa. Sehingga masyarakat setempat yang akan melakukan pengamanan sendiri, kata Kapolda di Mapolda Metro jaya.

Selanjutnya, Polda Metro Jaya juga memiliki sejumlah langkah represif dalam menyikapi aksi begal, Antara lain, melakukan pemetaan terhadap kelompok – kelompok pelaku begal, Polda Metro Jaya juga bakal menerapkan sistem kepolisian yang disebut perpetrator oriented police.

Yaitu mencari, mengamati orang orang yang memang ditengarai kelompok begal, ketika mereka berbuat langsung ditangkap, ungkap Kapolda Metro Jaya.

Polda Metro Jaya, akan mengadakan operasi sinergis mulai dari tingkat Polsek, Polres maupun Polda Metro Jaya. Sasarannya, pelaku pencurian kendaraan bermotor.

Sekarang pencurian terutama roda dua terjadi peningkatan kualitas, Para pelaku sekarang mempersenjatai diri dengan senpi dan sajam, Untuk meningkatkan kewasa padaan anggota di lapangan.
Polda Metro Jaya menghimbau masyarakat agar tidak melakukan perlawanan apabila menghadapi aksi pencurian atau begal, Daripada kehilangan nyawa, Lebih baik menyelamatkan diri, dan serahkan kepada petugas untuk menangkap pelaku begal tersebut.

Sepanjang 2015, Polda Metro Jaya sudah menangkap lebih dari 200 orang pelaku pencurian berat maupun pencurian dengan kekerasan, Petugas Polda Metro Jaya bahkan terpaksa melumpuhkan beberapa pelaku lantaran coba melawan dan membahayakan aparat. (Div Humas PMJ/BN)