Press "Enter" to skip to content

Wakapolri : Kita Menerima Kembali Kontingen Misi Perdamaian Dari PBB FPU (Formed Police Unit)

berantasnews Jakarta
Wakapolri : Jadi kita menerima kembali dari kontingen misi perdamaian PBB FPU (Formed Police Unit) selama ini bertugas di Sudan dan Sudan Selatan dalam misi dinamite dan unmissed 140 personil dan 9 personil yang tergabung dalam IPO. Kira-kira itu dan mereka telah memberikan prestasi yang membanggakan dengan menerima predikat yang terbaik dari 14 kontingen.
Capaian disana?
Selama satu tahun 24 hari ini memang beberapa predikat yang diberikan penilaian oleh PBB dan tahun ini kita mendapat 95 persen kontingen terbaik dari 14 kontingen di bidang sarana dan prasarana dll.
Pak update penembakan di Papua tiga polisi itu?
Jadi Kapolda dengan kekuatan perbantuan telah sampai di lokasi kemudian untuk para jenazah yang gugur telah dievakuasi hari ini telah sampai di Jayapura. Sementara tim pengejaran maupun tim investigasi, kalau pengejaran sudah di sana, kalau yang investigasi sudah diberangkatkan ke Papua. Sementara indikasi dari kelompok TPM(Tentara Pembebasan Nasional- pastikan lagi) pernah ada indikasi yang sama di 2013 waktu itu pihak TNI maupun masyarkat sipil.
Motifnya pak?
Saat ini masih dalam pendalaman pasukan sedang mengindentifikasi untuk melakukan pengejaran.
Pak izin pak Jokowi mau tahun baru di Papua, apakah ada penambahan pengamanan dari mabes?
Sementara untuk setting kedudukan pasukan pengamanan sudah cukup, di empat lokasi yang beliau (jokowi) kunjungi termasuk langkah-langkah antisipasi kekuatan disana sudah kita tambah.
Saya baca buku pak Jasin, disitu ada ada penuturan bahwa patung gajah di sebelah itu wajahnya pak Jasin?
Oh pak Jasin, patung ,?
Itu dari siapa?
Di buku pak Jasin memoar Jasin.
Beliau menuturkan begitu?
Iya pak waktu ngobrol dengan jenderal Edi Sudrajat pak.
BG: nanti kita coba luruskan, yang jelas kita ingin rekam jejak sejarah di Polri tidak hilang, makanya kita wajibkan menulis di lemdik juga di SDM untuk membuat memoar atau buku-buku autobiografi tokoh-tokoh polri, sehingga generasi Polri ke depan bisa memahami Muhammad Jasin merupakan polisi istimewa pertama untuk brimob. Ini perlu kita ,,, masalah itu nanti kita cek karena setau kami, kami sudah jadi polisi sejak ada patung itu.
Antisipasi tahun baru? Kemacetan atau teror?
Ada dua hal yang kita antisipasi yang pertama untuk pengamanan arus lalu lintas untuk pergantian tahun, itu sudah kita gelar beberapa poskotis di beberapa titik di tol Cipali, puncak maupun juga titik keramaian. Khusus untuk di Jakarta sudah ada kesepakatan dengan pemda DKI yang monas Sudirman dan Jalan Thamrin itu termasuk di Blok A itu hanya dibebaskan dari kendaraan atau Car Free Night. Semua nanti hiburan atau kegiatan dipusatkan di Ancol di titik nanti puncak acara di Ancol sedangkan di sepanjang Sudirman sampai Kota tidak ada tempat hiburan hanya Car Free Night saja untuk mengurangi beberapa kerawanan.
Yang kedua antisipasi Bom bahwa memang kita masih melakukan update dan juga monitoring dari IT kita dan juga secara manual di beberapa titik kita antisipasi supaya tidak kebobolan (oleh bom).
Pengembangan penangkapan Bekasi?
Salah satunya sampai dengan saat ini sementara dari hasil pemantauan kami, pengembangan dari penyelidikan kami itu sudah bisa kita amankan, di luar itu kita tidak antisipasi karena ada juga yang masih lolos.
Info bahwa mereka menargetkan presiden di acara Natal di Kupang bener enggak pak?
Belum sampai ke sana.
Belum ada pengakuan pelaku mereka mau menyerang kemana?
Ada indikasi salah satu dari suku Hidur itu inisial AL itu disiapkan menjadi penganten. Sudah bisa kita tangkap. Mudah-mudahan aman dan kondusif untuk tetap kita harus waspada.
Pak antisipasi khusus di Papua jelang tahun baru?
Ada khususnya di Puncak Jaya kita sudah tambah pasukan disana. Kemudian di wilayah lain yang berpotensi masih berkaitan dengan Pilkada dan permintaan oleh presiden, di Sorong Selatan, Marauke, Wamena dan di tempat wisata Raja Ampat.
Pencalonan Kapolri pak?
Waduh Pak Kapolrinya masih ada, kita Polri solid, tidak memikirkan itu, Pak Kapolri masih lama pensiun jadi jangan ada coba-coba menganggu soliditasi Polri, beliau masih lama pensiun. Kita solid. Tidak usah menyinggung itu dulu.(Sr)