Press "Enter" to skip to content

Kronologis Kejadian Thamrin Jakarta Pusat

berantasnews, Jakarta

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan menyambangi lokasi ledakan di perempatan dekat pusat perbelanjaan dan perkantoran Sarinah. Luhut mengatakan situasi saat ini telah terkendali.

Luhut yang didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan unsur kepolisian telah melakukan penyisiran di tempat kejadian perkara.
“Semua kondisi terkendali. TKP sudah diselesaikan,” kata Luhut di Sarinah, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016).

Luhut menambahkan, Jalan M.H. Thamrin akan dibuka kembali menjelang pukul 16.00 WIB. Ia pun meminta seluruh elemen masyarakat tak khawatir usai insiden ini. “Semua masyarakat saya harap tenang,” kata dia.

Luhut mencoba menjelaskan kronologis kejadian. Awalnya, di sebuah gerai kopi di Gedung DJakarta Theater, seorang pelaku meledakan diri. Kemudian, disusul dengan tembakan yang dilepaskan tiga orang di dekat Pos Polisi yang lebih lebih dulu meledak.

Seorang polisi pun berhasil menembak mati salah seorang teroris saat hendak meledakkan diri. “Kemudian oleh polisi AKBP Deddy, ditembak mati karena dia hendak meledakkan bom lagi,” jelas Luhut.

Ada lima teroris yang berhasil dilumpuhkan. Dua masyarakat sipil pun ikut menjadi korban dalam serangan ini.

“Satu WNA dan satu WNI,” kata dia. (BN)