Press "Enter" to skip to content

Obama Bakal Bahas Pengembangan Mobil Tanpa Sopir

berantasnews, Washington

Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, direncanakan akan menyinggung pengembangan mobil tanpa sopir (otonomos) pada State of the Union atau pidato kenegaraan tahunan yang disampaikan di Kongres, malam ini (13/1/2015).

Melansir Automotive News, Rabu (13/1/2016), State of the Union ini akan menjadi pidato pertama Obama yang membicarakan perihal perkembangan industri otomotif dan teknologi. Pidato ini disampaikan pasca banyak pabrikan serius mengembangkan mobil tanpa sopir.

“White House memberitahu bahwa banyak hal akan dibicarakan di State of Union, dan itu fokus pada mobil self-driving,” ujar Mark Rosekind, Ketua National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), dikutip dari Reuters.

Peretas iPhone Klaim Bisa Buat Mobil Otonomos dalam Satu Bulan
BMW Bocorkan Kendala Pengembangan Mobil Otonomos
Tahun Depan, Google Luncurkan Taksi Tanpa Pengemudi
Beberapa hal yang diprediksi akan dibicarakan Obama berkaitan dengan percepatan pengembangan mobil otonomos, termasuk di antaranya adalah aspek legal formal yang selama ini jadi salah satu hambatan pengembangan mobil.

Untuk diketahui, belum semua negara bagian AS memiliki aturan hukum yang mengatur penggunaan mobil otonomos di jalan umum. Padahal, telah banyak pabrikan yang pengembangan mobil otonomosnya telah mencapai tahap uji jalan, salah satunya adalah Google.

Sejauh ini ada beberapa negara bagian yang telah memiliki perangkat hukum tentang mobil otonomos. Tetapi, ada pembatasan soal kecepatan, misalnya di California kecepatan maksimal yang ditetapkan hanya 56 km/jam.

Wacana tentang aturan ini sebenarnya telah muncul jauh-jauh hari. Desember lalu misalnya, Rosekind berjanji akan segera membuat aturan mengenai mobil otonomos yang skalanya nasional. Ia berjanji akan mengeluarkan aturan baru yang sifatnya lebih fleksibel.

Selain berpidato, Obama juga dijadwalkan akan menghadiri Detroit Auto Show, Rabu pekan Depan. Belum diinformasikan apa saja yang akan dilakukan Obama di pentas otomotif tahunan tersebut.(BN,,)