Press "Enter" to skip to content

Lurah Pekojan Peduli Lingkungan

Jakarta (BerantasNews) – Carut marut persoalan sampah di Jakarta yang tak kunjung usai, hingga membuat aparatur Kelurahan Pekojan bersama warga dan stakeholder terkait bekerjasama melakukan pemberdayaan Bank Sampah.

Terlebih pasca Pemprov DKI Jakarta memutus kontrak dengan PT. Godang Tua Jaya yang dimana PT tersebut sebagai operator tempat pembuangan sampah terakhir yang berada di Bantar Gebang, Bekasi.

Sempat membuat penumpukan sampah di Jakarta beberapa hari lalu, hal inilah yang melatar belakangi gagasan dibuatnya Bank Sampah, depo pembuangan sampah yang tak terpakai yang belokasi di Jl Pejagalan Raya, Pekojan, Jakarta Barat. Akhirnya dapat dimanfaatkan sebagai lokasi Bank Sampah yang telah diresmikan Lurah Pekojan Tri Prasetyo, pada (22/07/16).

Lurah Pekojan Tri Prasetyo ( baju orange ) Sedang membeli sampah dari Warga melalui Bank Sampah
Lurah Pekojan Tri Prasetyo ( baju orange ) Sedang membeli sampah dari Warga melalui Bank Sampah

Tri Prasetyo mengatakan, “manfaat Bank Sampah yaitu selain dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, rapi dan terbebas dari sampah, Bank Sampah ini juga dapat membantu perekonomian bagi masyarakat sekitar, yang dimana sampah akan didaur ulang yang telah diserahkan dari warga, adapun harga yang akan dibeli ialah 1500 rupiah per kilogram, dan dicatat melalui buku tabungan juga dapat diambil oleh mereka kapan saja,” katanya.

“Dan bagi warga yang menyerahkan sampah non organik akan dibayar 1500 rupiah dan untuk yang organik akan ada harganya ketika sudah selesai di daur ulang dan disitu bisa disimpulkan berapa harganya, untuk sampah organik nantinya akan dijadikan pupuk kompos cair oleh pengelola Bank Sampah, sedangkan sampah non organik akan dijadikan bahan kerajinan tangan yang nantinya dijual kembali ke pasaran,” lanjut Tri.

Buku tabungan yang akan diberikan kepada warga sesuai dengan namanya masing-masing, wargapun dapat mengambil kapan saja uang hasil penyetoran sampah dari jerih payah mereka.

Tentu saja hal ini mendapat tanggapan yang positif dari warga, pasalnya selain dapat menciptakan lingkungan bersih, sehat dan terbebas dari sampah, Bank Sampah ini juga dapat membantu perekonomian bagi masyarakat sekitar.

Demi menjaga agar kegiatan Bank Sampah ini berjalan baik, petugas kelurahan akan rutin melakukan pemantauan. (Elwan)