Press "Enter" to skip to content

Workshop Humas Polri, Kombes Martinus: Berterima kasih Pada Para Media Yang Membantu Terkait Kegiatan Polri Untuk Masyarakat

Bogor – Divisi Humas Polri Menyelengarakan Workshop, Hubungan Polri dan Media, dengan mengundang para media elekronik, cetak dan media online, berlokasi di Lido Lakes Bogor, Jawa Barat, Jumat sampai minggu (29/09- – 1/10/2017). 

Hadir sebagai nara sumber dalam acara tersebut, Komisaris Polisi Drs Martinus Sitompul SH, AKBP Ika Waskita SH MH, dan Yosep Adi Prasetyo.

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, dalam paparannya, menjelaskan, pekerjaan polisi dan media adalah sebuah pekerjaan yang saling membutuhkan.

“kita di Divisi Humas, kalau tidak karena teman-teman media, tentu masyarakat tidak akan tau apa kegiatan Polri yang sesunguhnya. Kita senang, semua kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan Polri teman-teman bisa mempublikasikanya,” katanya.

Martinus juga menjelaskan, kita yang dibesarkan oleh pajak yang dipungut dari masyarakat, tentu akan selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat, apa yang kita lakukan di Divisi Humas, mengumpulkan Imformasi yang berkaitan dengan Polri, dan memberikan Informasi tersebut kepada masyarakat. Maka dari itu kami dari Kepolisian berterima kasih pada para media yang membantu terkait kegiatan Polri untuk masyarakat.

Tapi bukan berarti Polri tidak punya catatan buruk? Tentu ada, kita Juga tidak pungkiri, kita juga senang kalau teman-teman juga mempublikasikanya. Seperti polisi menjual sabu, atau pemakainya, dan mungkin yang lain-lain silakan, selama itu membangun Polri untuk lebih baik kedepan, ” katanya.

AKBP Ika Waskita, nara sumber dari Bareskrim Polri, menjelaskan, bagaimana penegakan hukum yang dilakukan oleh Polri.
Tentang kepenyidikan, pengungkapan kasus perkasus, dan sampai kepelimpahan berkasnya ke jaksa dan pengadilan.

Sementara, Yosep Adi Prasetyo, Ketua dewan press yang memaparkan agar wartawan meningkatkan profesionalismenya dengan uji kompetensi.

“Sebagai wartawan harus terus berusaha mengembangkan dirinya dengan mematuhi Kode Etik Jurnalistik sehingga berita berita yang dipublikasikannya dapat menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya masyarakat. Salah satunya adalah mengikuti uji kompetensi jurnalistik, agar teman teman dapat terus berkembang secara lebih profesional. Saya mengusulkan agar wartawan yang meliput di lingkungan Divisi Humas Polri dapat difasilitasi untuk dapat diberikan uji kompetensi jurnalistik secara kolektif, sehingga akhir tahun 2018 seluruh wartawan ini sudah mendapatkan sertifikatnya,”Harapnya.