Press "Enter" to skip to content

Gubernur Kalimantan Barat Didampingi Bupati KKR Meresmikan Trayek Angkutan Umum DAMRI

Kubu Raya – Gebernur Kalimantan Barat Sutarmidji didampingi Bupati Kubu Raya Rusman Ali meresmikan trayek angkutan umum DAMRI dari Rasau Jaya ke Terminal Sudarso Ke Terminal ALBN PP. Peresmian tersebut dilaksankan di Terminal ALBN Sungai Ambawang Senin 17 September 2018. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan pelepasan BUS trayek sebagaimana disebutkan diatas.

Dalam kesempatan tersebut, Rusman Ali memgatakan bahwa pihaknya sangat mendukung dengan adanya kerjasama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan Perum DAMRI untuk membuka rute trayek angkutan perintis untuk masyarakat.

“Kita tentu sangat mendukung dan sangat berterimakasih kepada pihak DAMRI yang telah bekerjasama dengan kita untuk membuka trayek angkutan perintis untuk angkutan umum masyarakat. Ini kita butuhkan untuk mempermudah akses dan lalulintas orang di Kubu Raya. Semoga ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati fasilitas umum yang memadai,” ujar Rusman Ali.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan pembukaan trayek angkutan perintis dilakukan seiring telah terbangunnya sebagian besar infrastruktur jalan, baik jalan poros kabupaten maupun jalan desa/lingkungan di Kabupaten Kubu Raya. Dengan kondisi itu, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya komit untuk optimal membangun kesejahteraan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Di mana salah satunya membuka trayek angkutan perintis guna meningkatkan arus lalu lintas dan percepatan perputaran ekonomi masyarakat,” ujar Rusman Ali seusai meresmikan trayek Rasau Jaya – ALBN Sungai Ambawang.

Rusman Ali meminta semua perangkat daerah terkait mendukung program tersebut. Termasuk camat setempat yang dimintanya melakukan sosialisasi di wilayah kerja masing-masing. Menurutnya sosialisasi sangat penting agar masyarakat tahu bahwa telah ada trayek angkutan perintis di wilayahnya.

“Sosialisasikan biar booming, biar masyarakat mengetahui. Camat bisa sosialisasikan sehingga masyarakat tahu. Biar warga tidak menyangka yang lewat itu kendaraan carter atau sewa. Sehingga ini semua bisa terlaksana dengan baik,” pesannya.

Rusman mengungkapkan pihaknya mengajukan enam trayek yang akan dibuka yakni Terminal Rasau Jaya-Terminal Sungai Raya-Terminal ALBN Sungai Ambawang, yang hari ini mulai beroperasi. Selanjutnya, Terminal Sungai Kakap-Terminal Punggur Kecil-Terminal Sungai Raya-Terminal ALBN Sungai Ambawang, Terminal Sungai Kakap-Jeruju Besar-Sungai Rengas-Terminal Nipah Kuning, Dermaga Suka Lanting-Terminal Sungai Raya-Terminal ALBN Sungai Ambawang, Terminal Sungai Ambangah-Terminal ALBN Sungai Ambawang-Terminal Sungai Raya, dan Kuala Mandor A-Terminal ALBN Sungai Ambawang-Terminal Sungai Raya.(TIM.Ismail)