Press "Enter" to skip to content

Antisipasi Bencana, Kodim 1011/Klk Gelar Latihan Penanganan Karhutla

Kapuas – Senin (29/04/19) – Dalam rangka penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kapuas, Kodim 1011/Kuala Kapuas menggelar latihan Gladi Posko I yang melibatkan personel Kodim 1011/Klk serta berbagai instansi yang terlibat dalam penanganan bencana Karhutla.

Danrem 102/Pjg Kolonel Arm Syaiful Rizal, S. Sos melalui Dandim 1016/Plk Letkol Czi Chandra Adibrata menyampaikan. “Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan Komando dan Staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi dan Kodalops”, katanya.

Sementara Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P Dandim 1011/Klk mengatakan, kawasan hutan di Kalimantan Tengah adalah salah satu penyangga paru-paru dunia yang melingkupi hamparan areal hutan gambut yang cukup luas, hutan dan lahan gambut dianggap sebagai ekosistem penting yang dapat memberikan sumbangan signifikan terhadap kestabilan iklim global tetapi sangat rentan terhadap kebakaran dan mengakibatkan kabut asap pada saat kemarau panjang, pembukaan hutan secara besar-besaran untuk lahan perkebunan, pertambangan dan pembalakan liar ditambah terjadinya pembakaran pada saat kemarau panjang mengakibatkan bencana Kebakaran Lahan dan Hutan

“Satgas PRC PB 1011/Klk beserta kekuatannya melaksanakan operasi Bant penanggulangan bencana alam Kebakaran Lahan dan Hutan kepada Pemkab Kapuas mencari dan menyelamatkan korban, evakuasi korban, penanganan pengungsian dan perawatan serta menerima bantuan kemanusiaan dalam rangka mendukung Operasi Militer Selain Perang Korem 102/Pjg,” terang Dandim 1011/Klk mengakhiri. ( ismail/ tim )