Press "Enter" to skip to content

Kapolres Bitung kawal ketat Pemungutan Suara Ulang

Bitung – Kapolres Bitung AKBP Stefanus didampingi AKBP Alfian dari Divisi Humas Polri, menjelaskan tentang evaluasi pelaksanaan Pemilu, khusus nya pasca PemunguTPS di Bitung, yaitu TPS 8 Kelurahan Paceda, Kecamatan Madidir, dan TPS 10 Kelurahan Bitung Barat I Kecamatan Maesa, yaitu untuk PSU Pemilihan Capres dan Cawapres.
Bertempat di kantor kecamatan Bitung kamis 02 Mei 2019.

Pemungutan suara ulang dilakukan karena ada temuan pemilih yang tak memenuhi syarat sebagai pemilih. Yakni tak terdaftar di daftar pemilih tetap, pemilih tambahan, pemilih khusus yang tak memiliki formulir C6 dan A5 tak berKTP di luar Kota Bitung. 

Dari awal saat pencoblosan, penghitungan di tingkat TPS memang sudah berlangsung sesuai dengan yang diharapkan.

Karena tentu dalam hal ini tidak terlepas dari peran TNI-Polri yang mampu mengawal proses penyelenggaraan hingga jaminan keamanan juga itu memberikan suatu kepastian penyelenggaraan (Pemilu) itu boleh berjalan dengan lancar secara nasional dan khususnya di Sulawesi Utara,

Sehingga tahapan penghitungan suara yang ditetapkan melalui jadwal boleh terselenggara sesuai dengan tahapan-tahapan maupun tanggal-tanggal yang sudah ditetapkan,” ungkap Kapolres Bitung AKBP Stefanus Tamutuan.

Lebih lanjut Palilingan mengatakan semua proses  tidak terlepas dari adanya kerjasama semua pihak stakeholders termasuk partai politik sebagai peserta maupun calon perseorangan lewat dukungan para saksi, juga penyelenggara yang tidak mengenal lelah baik dari jajaran KPU, Bawaslu serta pihak keamanan.

Dinamika demokrasi itu ada, ada proses dan lain sebagainya karena bagaimanapun juga proses yang melelahkan seringkali juga ada kekeliruan, ada keteledoran dan kalau ada koreksi dan lain sebagainya lewat protes-protes itulah dinamika demokrasi, yang pasti segala sesuatu sudah terlaksana semua boleh berjalan lancar,

Menurut Kapolres  secara keseluruhan pihaknya telah melakukan upaya terbaik untuk pengamanan Pemilu di delapan kecamatan.

Pelaksanaan dari kegiatan Pemilu, mulai dari tiap tahapan yang sudah dilaksanakan overall semua dalam keadaan lancar, tidak ada kendala. Kemudian tidak ada kejadian yang menonjol terkait pelaksanaan Pemilu tersebut, ungkapnya Gedung Serbaguna Matuari, Bitung.

Stef menambahkan, saat ini suara dari tujuh kecamatan yang telah dihitung tingkat Kecamatan, sudah diserahkan ke tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bitung. Sementara sisa satu kecamatan yakni Matuari, masih dilakukan rekapitulasi suara tingkat kecamatan.

Tahapan Pemilu itu di Kota Bitung sedang berlangsung rapat pleno di tingkat kecamatan, masih ada satu kecamatan dari 8 kecamatan. Yang tujuh udah selesai, tadi pagi enam dan siang ini menyusul satu, jadi tinggal satu (Matuari),” ungkapnya.
( sutarno )