Press "Enter" to skip to content

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, SH, Buka Acara Pesta Hajat Bumi Rawabinong

Kab.Bekasi – Pesta Hajat Bumi Rawabinong 2019 yang digelar Sabtu (14/06/2019) yang berlokasi di Kampung Tegaldanas Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat Kab.Bekasi Jawa Barat berlangsung sukses dan meriah.

Acara pesta hajat bumi Rawabinong dibuka oleh Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, SH, juga turut hadir pejabat Kementerian Desa, PDT RI, Kepala DPMD Provinsi Jawa Barat yang mewakili Gubernur, DPMD Kab.Bekasi serta anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Budiyanto serta para Camat dan Kapolsek Cikarang Pusat.

Gelaran pesta hajat bumi Rawabinong disambut antusias dan warga pun tumpah ruah memadati lokasi acara pesta hajat bumi Rawabinong tahun 2019. Juga stand kuliner dan aneka khas produk unggulan dari masing-masing desa yang dipadati para pengunjung.

Kehadiran ratusan siswa siswi Sekolah Dasar, puluhan komunitas budayawan, sanggar dan padepokan seni budaya, pengurus Bumdesa se Kabupaten Bekasi, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan awak media menambah semaraknya acara pesta hajat bumi Rawabinong yang dilaksanakan selama dua hari Sabtu 14 – 15 September 2019.

Dikatakan Bupati Bekasi, Eka Supria Atmajani, SH, pesta hajat bumi ini luar biasa, seraya dirinya langsung membuka acara pesta hajat bumi Rawabinong, sekaligus memberikan award untuk Ketua BumDesa Hegarmukti dan Kepala Desa Hegarmukti Kec. Cikarang Pusat, dilanjutkan dengan meresmikan BumDesa Expo tahun 2019 serta menandatangani prasasti Objek Wisata Rawabinong.

“Saat ini kita sedang mempersiapkan Situ Rawabinong sebagai icon wisata Kabupaten Bekasi” kata Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja kepada para awak media di stand BumDesa Mugi Waluya.

Pesta Hajat Bumi Rawabinong menampilkan 10 seniman Ibing Pencug hasil seleksi lomba yang digelar pada 10 September 2019. Selain itu, sejumlah padepokan dan sanggar seni turut menampilkan jagoan ibing pencugnya untuk memeriahkan pesta Rawabinong.   

Ketua panitia pesta Hajat Bumi Rawabinong, Doni Ardon, dalam sambutannya mengatakan, pesta hajat bumi Rawabinong tahun ini bertemakan ‘Warisan Seni Budaya sebagai Pesona’.

“Alhamdulillah, acaranya sesuai harapan, masyarakat bersuka cita menyambut keputusan Bupati Bekasi yang secara resmi menetapkan Situ Rawabinong sebagai objek wisata. Selain itu, gelaran BumDesa Expo 2019 Kabupaten Bekasi di Situ Rawabinong menjadi bukti bahwa Desa Hegarmukti siap menjadi pusat cendera mata Kabupaten Bekasi,” ungkapnya. 

Hal itu dibuktikan kata Doni Ardon, dengan banyaknya produk unggulan yang didatangkan dari setiap desa se Kabupaten Bekasi dengan produk yang beragam dan memiliki ciri khas dari masing-masing desa.

“Selama ini, wisatawan bingung mencari oleh oleh khas Kabupaten Bekasi, nah melalui BumDesa Expo inilah jawabannya. Semoga ke depan objek wisata Situ Rawabinong terpilih menjadi pusat cendera mata dan sekaligus icon wisata unggulan Kabupaten Bekasi,” harapnya.

Ditempat yang sama dikatakan Ajo Subarjo Kades Hegarmukti Kec. Cikarang Pusat, pada pesta Rawabinong 2019, berbagai kesenian ditampilkan utuh, mulai dari Ibing Pencug, bajidoran, odong-odong, wayang golek, jaipongan, hingga musik etnik.

Selain menampilkan seni budaya, Pesta Rawabinong juga diikuti sebanyak 1000 lebih peserta funbike yang berasal dari puluhan komunitas funbike se Kabupaten Bekasi.  

“Luar biasa..!! Hajat Bumi Rawabinong tahun ini banjir makna, kita optimis dan siap menggerakkan masyarakat untuk membantu program pemerintah dan sadar wisata,” jelas Kepala Desa Hegarmukti, Ajo Subarjo. (sr/bdi)