Press "Enter" to skip to content

Dumai Kian Pulih, Pelajar Kembali Bersekolah

Pekan Baru – Salah satu wilayah yang terdampak Kabut Asap Karhutla di Riau, yakni Kota Dumai, kian pulih. Hal ini nampak dari aktifitas di Sekolah Kalam Kudus.

Pelajar TK, SD, hingga SMP telah kembali mengikuti kegiatan belajar mengajar. Media ink mengunjungi Sekolah Kalam Kudus, yang terletak di Kota Dumai. Kegiatan telah berlangsung normal.

“Hari ini sudah mulai masuk karena langit cerah, kami memutuskan juga dari pertimbangan dinas pendidikan tentang standar udara,” kata Yosi Mudo, Direktur Pelaksana Sekolah Kalam Kudus, di Dumai, Riau, Jumat (20/9).

Sebelumnya, kegiatan belajar mengajar sempat terhenti selama satu pekan akibat pekatnya kabut asap yang melanda kota itu. Sejak Kamis (19/9) malam hingga Jumat keesokan harinya, kondisi lumayan membaik.

“Seminggu ya, tapi kita gak putuskan seminggu libur tapi kita setiap malam selalu infokan kondisi kepada orang tua murid,” kata Yosi.

Sementara itu, salah satu orang tua murid, Bambang, menyebut pada saat kabut pekat ia memang melarang putri nya keluar rumah. Ia juga mempersiapkan masker, jika ada kebutuhan mendesak.

“Seminggu lalu, lebih banyak asap, sehingga anak-anak keluar rumah wajib pakai masker. Dimana mana orang juga bagikan masker,” kata Bambang.

Namun, hari ini, banyak pelajar yang telah melepas masker mereka. Termasuk putri dari Bambang.

Sementara itu, kualitas udara di Dumai juga perlahan membaik. Kualitas udara, menurut World Air Visual mencapai angka 98.3 dalam hitungan pm 2.5. Angka ini sedikit lebih rendah daripada kondisi di Riau beberapa hari yang lalu. ( Sutarno )