Akibat Berita Palsu, Pengguna Aktif Facebook Anjlok 1/2 Juta dan Saham Rontok 20 Persen

BN – Mantan Presiden Donald Trump pada hari Jumat mengeluarkan pernyataan yang mengenai Facebook setelah perusahaan mengumumkan bahwa jumlah pengguna aktif hariannya menurun untuk pertama kalinya dalam 18 tahun sejarah perusahaan.

“Jumlah pengguna harian Facebook telah jatuh untuk pertama kalinya dalam sejarah Facebook. Ini berarti orang-orang bosan dengan Berita Palsu dan pelecehan dan terutama bosan dengan kejahatan politik mereka,” kata Trump dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh komite aksi politiknya, Save America. “Bisa juga orang sedang menunggu TRUTH—platform yang sangat canggih yang kami nantikan untuk dibuka dalam waktu yang tidak lama lagi. Saatnya meluruskan apa yang terjadi di Negara kita!”

Perusahaan induk Facebook, Meta Platforms, mengumumkan pada hari Kamis bahwa jaringan media sosial kehilangan sekitar setengah juta pengguna harian global pada kuartal pertama tahun lalu jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Saham di Meta turun lebih dari 20% setelah berita tersebut.

Menurut The Hill , sebagian besar penurunan pengguna berasal dari wilayah Afrika dan Amerika Latin, di mana perusahaan berharap untuk memperluas basis penggunanya di Eropa dan Amerika Utara.

Pada panggilan pendapatan awal pekan ini, Chief Financial Officer Meta David Wehner mengaitkan penurunan sebagian dengan “layanan kompetitif,” yang katanya, “berdampak negatif pada pertumbuhan, terutama dengan audiens yang lebih muda.”

Kepala Facebook Mark Zuckerberg kemudian mencatat persaingan dari TikTok, yang katanya, “terus tumbuh pada tingkat yang cukup cepat dari basis yang sangat besar.” Dia menambahkan, “Saya pikir keterlibatan secara keseluruhan akan tumbuh … dan itulah mengapa kami optimis tentang masa depan. Tapi ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan di sini.” ( red )

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS