Dukung Swasembada pangan Kodim 0912 Kubar Laksanakan Panen Raya

Kutai Barat – Dalam rangka Upaya Khusus mendukung Program Pemerintah Daerah untuk meningkatkan produksi Swasembada pangan.Kodim 0912 Kutai barat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kubar Melaksanakan Panen Raya jenis tanaman padi. Bertempat di Kampung Long Iram Seberang Selasa (7/2/2017).

20170208_105129

“Kegiatan Panen Raya ini merupakan pengisian lumbung padi bagi daerah kecamatan Long Iram. Kondisi wilayah tersebut mengenai tekhnis pertanian meliputi daerah basah berjumlah sekitar 35 ribu hektar dan daerah kering berjumlah sekitar 150 ribu hektar yang telah digarap oleh masyarakat yaitu sekitar 20 persen dan sisa 80 persen.

Untuk itu kita harus belajar dari pembuka daerah melado kampung long iram seberang perlu dicontoh para pendahulu yaitu semangat yang tinggi karena masih banyak yang perlu digarap termasuk di Kampung Muara leban kendalanya adalah lemahnya semangat kerja maka kita harus semangat kerja, Ucap Wakil Bupati Kubar H.Edyanto Arkan, SE.

“Daerah ini telah mendapatkan produksi 4,8 Ton per hektar hampir menyamai panen di propinsi 5,6 Ton maka diharapkan Kelompok Tani meningkatkan semangat kerja agar hasil yang didapat semakin maksimal ,”harapnya.

Lanjut disampaikan diminta Penyuluh Pertanian dan Balai Pertanian lebih aktif dalam menunjang kegiatan pertanian. Pemerintah daerah memberikan bibit unggul tekhnologi pertanian alat alat industri pengolahan dan pemanen, diminta dengan bantuan bibit unggul tersebut jika nanti panen dapat dikemas dan dijual per 10 Kg Dinas Pertanian harus mengantarkan produksi beras sehingga mampu menyaingi harga beras yang berkualitas, jelas Wabub.

Kegiatan Panen Raya berlangsung tertib diawali acara Pembukaan Kantor PKK Kampung Long Iram seberang dan Peninjauan lokasi Panen Raya oleh Wakil Bupati beserta rombongan ditutup dengan acara ramah tamah.

Tampak hadir dalam kegiatan Panen Raya Kepala Dinas Pertanian Kubar Finsen Alatondang, Msi, Ir.Nita (Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian Provinsi Kaltim), Kapten.Inf.Sarno (Pasiter Kodim 0912 Kubar), Kapten.Inf.Suli.H (Danramil 0912-04/Kubar), IPTU. Pujiono (Kapolsek Long Iram), Letda Tek Heru P (Perwakilan AURI Kubar), Burhan (Camat Long Iram), Rahmani (Pj.Petinggi Kampung Long Iram Seberang), Amirudin (Ketua Kelompok Tani Meladok Lestari), Samsudin (Ketua Kelompok Tani Harapan Makmur), dan Para Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Gabungan Kelompok Tani.
(Henry Situmorang)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS