Kasrem 071/Wijayakusuma Dampingi Kasdam IV/Diponegoro Tutup TMMD 114 Tegal

Kasrem 071/Wijayakusuma Dampingi Kasdam IV/Diponegoro Tutup TMMD 114 Tegal

Tegal – Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol., mewakili Danrem 071/Wijakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., dampingi Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Parwito menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 114 Kodim 0712/Tegal, Rabu (24/8/2022) di Desa Kedung Kelor Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal.

Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Parwito dalam amanatnya membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat yang juga selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD (PJO) TMMD 114 Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., mengatakan penutupan TMMD 114 Tahun 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dikatakan, TMMD 114 yang telah berlangsung sejak tanggal 26 Juli hingga 24 Agustus 2022, prajurit, Pemda dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ini dengan rasa kebersamaan, kegotongroyongan dan sinergi. “Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan diwilayah”, jelas Kasad.

Kasad juga menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya TMMD 114, “Sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materil sehingga kegiatan TMMD 114 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar”, ungkapnya.

“Program TMMD telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD), setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah perbatasan, sehingga, keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan”, terangnya.

Dikatakan, program TMMD 114 tahun 2022 yang telah dilaksanakan, telah dikerjakan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya yaitu pembukaan badan, agregat, dan turap jalan serta pembuatan jembatan kayu. Sekaligus pembangunan infrastruktur tambahan lainnya berupa pembangunan pompa air irigasi, renovasi rumah ibadah dan rumah tidak layak huni”, jelasnya.

Pencapaian program sasaran fisik, diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara, Penyuluhan Hukum, Pencegahan Karhutla, Pertanian, Penularan Covid-19 dan giat percepatan pencapaian vaksinasi target dosis 3, Stunting, Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular. “Kegiatan ini dibutuhkan dalam rangka membangun serta memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan Stunting, ketahanan pangan dan penanganan
kesehatan”, jelas Kasad.

Kasad juga menyampaikan permohonan maaf, apabila dalam pelaksanaan TMMD ini, terdapat tutur kata, sikap dan tingkah laku para prajurit, yang
tidak berkenan di hati masyarakat, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Disamping itu, Kasad menyampaikan beberapa atensi dan harapan sebagai tindak lanjut
dari program TMMD ke-114 ini yakni, untuk dipelihara terus semangat kebersamaan
dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi. Memelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah
terbina dengan baik selama ini. Memelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Selain hal tersebut, Kasad juga menekankan kepada para Dansatgas TMMD ke-114 untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD. Hal ini, untuk dijadikan bahan
perbaikan pada TMMD mendatang. Serta kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini
segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.

Penutupan TMMD Reguler 114 Kodim 0712/Tegal ditandai dengan dilaksanakannya penyerahan alat peralatan kerja dari perwakilan Satgas TMMD 114 Tegal kepada Kasdam IV/Diponegoro, dan penandatangan naskah penyerahan pekerjaan TMMD Reguler 114 dari Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh, S.E., kepada Bupati Tegal Dra. Umi Azizah disaksikan Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Parwito, Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol., serta Forkopimda Tegal.

Usai upacara penutupan, Kasdam dengan didampingi Bupati Tegal dan Kasrem 071/Wijayakusuma beserta segenap Forkopimda Tegal menyerahkan bantuan sembako kepada anak Stunting dan kepada warga serta melaksanakan peninjauan pengobatan gratis dan dilanjutkan peninjauan sasaran TMMD Reguler 114 Kodim 0712/Tegal. ( red )

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS