Suku Di Indonesia Yang Sangat Ditakuti Karena Ilmu Mistis

Indonesia kaya akan keragaman suku, budaya dan adat istiadatnya. Tentu semua itu menjadi kebanggaan tersendiri sehingga wajib dilestarikan oleh masyarakatnya sesuai falsafah Bhinneka Tunggal Ika.

Suku Dayak (Kalimantan Timur). Siapa yang tidak mengenal suku dayak. Ya, suku yang berada di Pulau Kalimantan termasuk salah satu suku yang ditakuti karena berbagai kemampuan mistis mereka. Salah satu ilmu magis yang terkenal yakni mandau terbang.

Suku Dayak Masyarakat setempat meyakini mandau terbang ialah salah satu senjata yang paling mematikan dari suku ini lantaran dapat dengan dengan mudah menebas musuhnya sesuai perintah si empunya.
Meski suku ini dikenal cukup ngeri, namun sebenarnya mereka sangat ramah terutama bagi para pendatang selama mereka tidak diusik keberadaannya.

Suku Kajang / Amma Toa (Bulukumba, Sulawesi Selatan). Suku kajang merupakan suku yang berdomisili di pedalaman Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Daerah tersebut dijuluki Tana Toa yang artinya tanah yang tertua, di mana masyarakatnya meyakini bahwa daerah tersebut ialah daerah tertua dan pertama kali diciptakan oleh Tuhan bumi.

Orang suku kajang punya ciri khas dengan pakaiannya yang serba hitam. Warna hitam bagi mereka memiliki makna kesederhanaan dan kesetaraan. Pakaian serba hitam itu juga bertujuan supaya mereka senantiasa mengingat kematian yang sewaktu-waktu akan datang menghampiri mereka.
Di kalangan masyarakat suku kajang, dikenal sebuah ilmu hitam bernama doti kajang. Ilmu tersebut konon bisa merenggut nyawa orang yang menjadi korbannya. Orang suku kajang juga disebut-sebut punya ilmu kebal dan bisa melembekkan kepala orang seperti permen karet. Jika memang benar kabar itu, suku ini memang pantas bikin bulu kuduk merinding.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS