Profil Irjen Pol Drs Benny Mokalu SH

Jakarta – berantasnews. Irjen Pol Drs Benny Mokalu SH. lahir di Kupang Nusa Tenggara Timur  pada 22 Juli 1959 umur 56 tahun) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 6 Maret 2015 mengemban amanat sebagai Sahlisosbud Kapolri pengganti Irjen. Pol. Syarief Gunawan.

Benny Mokalu, putra Kawanua lulusan Akpol 1985 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kapolda Bali.

Riwayat Jabatan

  • Wakapolres Sumedang Polda Jabar
  • Kasat Samapta Polwil Bogor
  • Kasubdit Tipikor Ditserse Polda Sulsel
  • Kapolres Lombok Barat Polda NTB
  • Kapolres Mataram Polda NTB
  • Dir Samapta Polda Sumut
  • Wadirtipikor Bareskrim Polri (2009)
  • Kapussiapjak Laut Bakorkamla Kemenko Polhukam RI (2010)
  • Kapolda Bengkulu (2012)
  • Kapolda Bali (2013)
  • Sahlisosbud Kapolri (2015 sampai sekarang)
 
Pengalaman Memeluk Islam Ketika Menjabat Kapolda Bali
 

Kendati sempat ditutupi, akhirnya Jenderal Bintang Dua Polri Albertus Julius Benny Mokalu ngaku juga jika dirinya sudah memeluk Islam. Dirinya meyakinkan untuk pindah agama dari Katolik ke Islam.

Ini disampaikannya dengan penuh rasa keyakinannya untuk memeluk agama Islam. “Bukan karena istri bukan karena keyakinan Saya sebelumnya tidak bagus. Tetapi ini murni dari dalam diri hati untuk menjadi seorang muslim,” ucap Benny

Orang mantan nomor satu Kapolda Bali ini meyakinkan masuk Islam setelah mengucapkan kalimat syahadat di hadapan Imam Abdul Habib asal Bengkulu, pada Jumat malam 7 November 2014 silam di rumah dinasnya Tohpati, Dentim. “Dalam waktu dekat kami beserta istri akan umroh,” singkatnya.

Untuk diketahui, pria kelahiran Kupang, NTT 22 Juli 1959, selama ini memang beda keyakinan dengan istrinya. Kendati demikian, bahtera kehidupan rumah tangganya berjalan normal dan kendati istrinya muslim dan dirinya Katolik.

Benny Mokalu yang merupakan lulusan Akpol tahun 1985 ini pernah menjabat sebagai Kapolda Bali sejak 16 September 2013 menggantikan, Irjen Pol Arif Wachyunadi. Sebelum menjabat Kapolda Bali Benny menjabat Kapolda Bengkulu.

UMROH

Irjen Pol Julius Benny Mokalu yang menjadi mualaf, berangkat ke Tanah Suci, Jumat (12/12/2014) untuk menunaikan ibadah umrah. Dalam perjalanan ibadah ke Baitulloh itu, Benny mengajak serta istri dan anak-anaknya.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Heri Wiyanto, kepada Republika mengemukakan, Kapolda menunaikan ibadah umroh menggunakan pesawat Garuda, dengan rute Denpasar-Jakarta-Jeddah.

Selain mengunjungi Masjidil Haram di Mekkah, Benny juga akan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah.

Benny Mokalu, lahir di Kupang, NTT, 22 Juli 1959. Sebelum menjabat sebagai Kapolda Bali pada 16 September 2013, Benny menjabat sebagai Kapolda Bengkulu.

Pada awal Oktober lalu, Benny memeluk Islam, proses pengislamannya berlangsung di Denpasa dengan dipandu seorang ulama asal kota Bengkulu.

Sumber di Mapolda Bali menyebutkan, selain bersama anak dan istrinya, Benny juga mengajak ajudan serta sopir dinasnya untuk berumroh. Seluruh biaya kata sumber, ditanggung oleh Benny dengan menggunakan dana pribadi selama 10 hari. (Sri S)

CATEGORIES
Share This