Pelatihan Percepatan Pengembangan Konsumsi Pangan Melalui Diversifikasi Pangan Masyarakat Sanggau Tahun 2018

Sanggau – Dinas Ketahanan Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat mengadakan kegiatan Pelatihan Percepatan Pengembangan Konsumsi Pangan Masyarakat Tahun Anggaran 2018.

Hadir pada acara tersebut Sekretaris Dinas Pertanian Kubin SP.MSi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina SPd.MSi, pelaku Usaha serta Pkk Pokja 3 Kecamatan se-Kabupaten Sanggau.

Dalam laporan Ketua panitia Ir.Nina Aslidar MM mengatakan pelaksanaan kegiatan Pelatihan selama 2 hari dari tanggal 28 s/d 29 Agustus 2018, bertempat di Dinas Pertanian Kabupaten Sanggau, dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang yang terdiri dari pelaku UKM dan PKK Kecamatan Se-Kabupaten Sanggau.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sanggau Kubin SP.MSi, mengatakan Pembangunan Ketahanan Pangan merupakan Pemberdayaan masyarkat yang berarti upaya mendorong Masyarakat, menolong diri sendiri dalam mewujudkan ketersediaan Distribusi dan Konsumsi Pangan yang sesuai dengan kebutuhan dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Sistem Diversifikasi Pangan merupakan salah satu indikator pemenuhan tanaman Pangan dalam rangka menuju perbaikan gizi masyarakat.

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina SPd.MSi.

Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sanggau mengatakan, masalah keamanan Pangan adalah hal yang sangat penting untuk mendapat perhatian dari semua pihak.
Didalam tugas Pokja 3 PKK ada yang di namakan gerakan Hatinya PKK (Halaman Asri Teratur Indah dan NyMan ) bertujuan untuk menggerakan masyarakat dalam implementasi dan pemanfaatan halaman di sekitar rumah dengan tanaman pangan dan tanaman produktif (bernilai ekonomis tinggi ).
Kurangnya Pengetahuan dan ketidaktersedianya pangan yang dihadapi masyarakat, telah menyebabkan banyak anak kekurangan gizi, sehingga tingkat kecerdasan (IQ) anak menjadi rendah.
Oleh karena itu melalui Diversifikasi pangan ini diharapkan kita dapat mengetahui :
-Bahwa pemanfaatan pekarangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.
-Pengolahan pangan untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan
– Keanekaragaman konsumsi pangan yang beragam bergizi , seimbang, dan aman.

Saya berharap peserta pelatihan Diversifikasi pangan ini dapat mengikuti kegiatan dengan seksama dan dapat menerapkannya pada Keluarga dan di Lingkungan masing-masing serta mengajak kawan-kawan yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan seperti ini, ucapnya .(heni).

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS