3 PERKARA YG PERLU DIINGAT DALAM KEHIDUPAN

3 PERKARA YG PERLU DIINGAT DALAM KEHIDUPAN

BN – Di dalam kehidupan ini, terdapat 3 perkara yang perlu kita perhatikan. Ketiga perkara ini harus diketahui dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin di jalan Allah Subhanahu Wata’ala agar di kemudian hari tidak kita sesali.

Ketiga perkara tersebut yaitu waktu, ucapan, dan kesempatan :*

*1. Waktu :*
Waktu adalah salah satu perkara yang tak kan pernah kembali. Waktu yang telah terlewati tidak akan bisa kembali lagi.

️Islam menjadikan waktu sebagai sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

* Allah ta’ala berfirman :*
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian.”
*( QS. Al-Ashr: 1-2 )*

“… bersyukur atas nikmat waktu yang Allah anugerahkan kepadanya & Dia ( pula ) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yg ingin bersyukur.”
*( QS. Al-Furqon : 62 )*

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.”
*( QS. Ali Imron : 190 )*

“Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”
*( QS. Al-Ashr: 1-3 )*

*2. Ucapan :*
Ucapan buruk mencela orang, memaki, menerangkan keburukan-keburukan orang lain, menyinggung perasaan seseorang, dan sebagainya merupakan salah satu pintu dosa yang amat rawan ( dosa yang berawal dari mulut ).

*Allah ta’ala berfirman :*
“Allah tidak menyukai ucapan buruk, ( yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
*( QS. An Nisaa: 148 )*

“( ucapan mereka ) menyebabkan mereka memikul dosa-dosanya dengan sepenuh-penuhnya pada hari kiamat, dan sebahagian dosa-dosa orang yang mereka sesatkan yang tidak mengetahui sedikitpun ( bahwa mereka disesatkan). Ingatlah, amat buruklah dosa yang mereka pikul itu.”
*( QS. An Nahl: 25 )*

*Dari Abu Hurairoh RA, Sesungguhnya ia mendengar Nabi Shollallahu alaihi wasallam bersabda:* “Sesungguhnya seorang hamba ( kadang ) berbicara dengan pembicaraan yang tidak ia sadari bisa menggelincirkan ke neraka sejauh antara timur dan barat.”
*( HR. Bukhari, Muslim dan Nasai )*
“Sesungguhnya Allah murka kepada orang yang berperangai jahat dan berlidah kotor.”
*( HR. Tirmidzi )*

* 3. Kesempatan :*
Sama seperti waktu dan ucapan, kesempatan juga tidak terulang. Oleh karena itu, janganlah kita sebagai umat muslim menyia-nyiakan kesempatan yg telah diberikan Allah untuk melakukan apa yg menjadi larangan-Nya. Kita harus dapat bersyukur dengan menjalankan segala perintah Allah Subhanahu Wata’ala. Jangan sampai menunda waktu beribadah ataupun menunda berbuat kebaikan mumpung hayat masih dikandung badan.

CATEGORIES
TAGS
Share This