Diduga Limbah Tambang Mencemari Sungai, Air PDAM Macet Disebabkan Air-nya Keruh dan Berlumpur

Batulicin – Kamis, 02/08 Warga Kecamatan satui resah, karena beberapa hari ini air PDAM kurang lancar yang disebabkan air sungai tercemar keruh dan berlumpur.

A. Gazali Kepala PDAM IKK SATUI saat dikonfirmasi mengatakan penyebab utama mereka tidak bisa mengolah air secara optimal. Karena kita ketahui bersama, air sungai dalam beberapa hari ini sangat keruh melebihi ketentuan simpel water treatment plant (WTP), keterbatasan pengolahan ini yang menyebabkan suplai kerumah rumah warga  kurang lancar. Namun kami mengusahakan semaksimal mungkin dengan mengatur jalur secara bergantian.

Kami berusaha keras bagai mana supaya air PDAM tetap mengalir walaupun dengan keterbatasan kapasitas dari 50% air yang dapat diolah  hanya 25% nya saja yang dapat disuplai dan sisanya dibuang,dalam hal ini kami PDAM sangat merasa dirugikan, banyak pelanggan kami yang komplain dan biaya oprasional meningkat, beliau menghimbau kepada seluruh pengusaha Tambang Batubara agar tidak membuang air berlumpur secara langsung ke sungai karena sungai satui ini satu satunya sumber air kita.

Beliau juga menambahkan kmai tidak bisa memastikan sampai kapan air PDAM bila lancar kembali, beliau berharap semoga secepatnya kondisi air sungai satui membaik.

Ferdi Yuspi Camat Satui melalui telpon selullar mengatakan,  menanggapi permasalah ini pihak muspika Satui sudah menijau kelapangan dan memeriksa aliran sungai dengan menggunakan perahu motor dibantu kepala Desa Sinarbl Bulan. Berdasarkan pantauan beliau debet air sungai memang rendah jadi apapun limbah yang masuk kesungai akan sangat riskan tercemar.

Permasalahan ini sudah beliau laporkan ke Sekda Tanah Bumbu dan sudah mendapat tanggapan, dari Dinas BLHD juga sudah turun kelapangan.

Muspika Satui  juga sudah mencari solusi dengan mencari sumber air bersih dan sudah  ditemukan di desa Sejahtera Mulia,  tinggal terkendala Armada tangki diperlukan untuk menggankut, akan tetapi pihaknya sudah berkordinasi ke Kabupaten, air bersih tersebut diperuntukan untuk pasilitas umum seperti tempat tempat ibadah, puskesmas dan lainnya. (Din/Bls).

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS