141.639 Personel Untuk Amankan keramaian Natal dan Tahun Baru 2018.

Jakarta – Polisi akan mengerahkan 141.639 personel untuk mengamankan berbagai titik keramaian di seluruh Indonesia menjelang Natal dan Tahun Baru 2018. Pengamanan itu bertujuan untuk penertiban lalu lintas dan mencegah tindakan kriminal.

Kepala Sub Bagian Pengendalian Operasional Korps Lalu Lintas Kepolisian RI Ajun Komisaris Subono mengatakan, 141.639 personel pengaman itu terdiri dari 673 personel jajaran Polri, 85.460 personel jajaran Polda, dan 15.096 personel jajaran TNI. Dalam pasukan pengamanan itu juga diikutsertakan 40.410 personel yang merupakan gabungan dari Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Perlindungan Masyarakat, Pramuka, Dinas Kesehatan, dan berbagai instansi terkait lainnya.

“Kesiapan kita antisipasi sarana, kendaraan roda dua, dan roda empat. Kita antisipasi titik rawan, lintas sektor dan lintas program,” kata Subono, Senin, 11 Desember 2017.

Ratusan ribu personel pengaman tersebut, menurut Subono, akan disebar di beberapa titik kemacetan. Di antaranya adalah Tol Jakarta-Tangerang – Merak Kilometer 31, Tol Dalam Kota, Tol Jakarta – Cikampek Kilometer 2 sampai Kilometer 60, Exit Tol Pejagan, Exit Tol Brebes Timur, Tol Jagorawi, serta Rest Area sepanjang jalan tol.

Selain titik kemacetan, personel pengaman akan ditempatkan di 4.216 titik keramaian, seperti terminal, bandara, pusat perbelanjaan, gereja, pelabuhan, tempat wisata, dan lokasi perayaan pergantian tahun.

Jumlah pemudik menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 diprediksi meningkat dibanding tahun sebelumnya. Kementerian Perhubungan memperkirakan kenaikan jumlah pemudik itu bisa mencapai angka 1,91 persen. Sedangkan, jumlah kendaraan diprediksi akan meningkat hingga 10 persen. ( Sri )

CATEGORIES
TAGS
Share This