197 Desa Se-Kab Halmahera Utara Bimtek Bumdes di Desa Pasirsari

BEKASI – Sebanyak 197 orang peserta Bimtek Bumdes dari Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara ke Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan Kab. Bekasi Jawa Barat disambut dengan kesenian tradisional Calung ‘Pasirsari Maju’ Selasa 25/07/2017.

Sebelum acara ekspose Bumdes dimulai, ada sajian yang cukup mengundang gelak tawa para peserta Bimtek yaitu penampilan seni tradisional Calung ‘Pasirsari Maju’ yang digarap oleh para perangkat Desa dan dimotori oleh H. Lamjah Hertansyah Kades Pasirsari.

Selanjutnya acara ekspose Bumdes oleh Kades Pasirsari yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan setiap peserta Bimtek mengajukan tiga pertanyaan terkait Badan usaha milik Desa. Penguasaan materi yang dimiliki Kades Pasirsari terkait Bumdes sudah tidak diragukan lagi, semua pertanyaan dijawab cukup jelas dan tepat.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dari 197 Desa se-Kab. Halmahera Utara tersebut didampingi oleh jajaran muspida Halmahera Utara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Halmahera Utara, dan turut hadir Bupati Bekasi dr. Hj. Neneng Hasanah Yasin yang diwakili Abdilah Majid Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Bekasi beserta jajaran dan Camat Cikarang Selatan Enop Can.

Selanjutnya pemberian cindera mata dari pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Bekasi kepada Kepala DPMD Kab. Halmahera Utara. Dan diakhir acara yaitu para peserta Bimtek meninjau langsung Kantor BUMdes Pasirsari.

Nampaknya ibu PKK Desa Pasirsari tidak mau ketinggalan. Ada Bazar Prudes hasil inovasi PKK Desa Pasirsari seperti kopi instan ‘Ridomi’ aneka gantungan kunci, bunga kering Cikarang (Bukecik) aneka kerajinan yang cukup unik yang dibuat dari bahan limbah kertas koran bekas dan semua hasil kreatifitas PKK dan Bumdes Pasirsari langsung diserbu peserta Bimtek dan hasilnya cukup memuaskan.

Iwan Gunawan selaku direktur Bumdes mengatakan, beberapa peserta yang datang ke kantor Bumdes mempertanyakan dari mulai pembentukan Bumdes hingga pengelolaan keuangan Bumdes.

”Saya jelaskan kepada peserta Bimtek dari Kab. Halmahera Utara terkait Bumdes dari mulai pembentukan Perdes hingga akta pendirian, untuk penjelasan tentang pengelolaan keuangan Bumdes itu bendahara yang menjelaskan. Bumdes Pasirsari yang sudah berjalan yaitu, perdagangan beras, pembuatan Lap Majun, pengelolaan air minum isi ulang, swakelola pasar, simpan pinjam, warung BUMdesa, budidaya ikan lele dan ternak puyuh sebagai produk unggulan,” beber Iwan Gunawan kepada berantasnews dikantornya (25/07). ( Sr )

CATEGORIES
TAGS
Share This