Akibat Ulah Saut KPK Jadi Sasaran Demo HMI

Jakarta, berantasnews.com – Akibat ulah ucapan Saut Situmorang membuat ribuan kader HMI ( Himpunan Mahasiswa Islam )melakukan Aksi unjuk rasa di sekitar Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/5/2016).

Saat ini, puluhan polisi masih berusaha merendamkan aksi kader HMI dengan menembakkan gas air mata ke arah kelompok HMI.

Akibat dari demo ini, satu polisi terluka karena terkena lemparan batu.

IMG-20160509-WA0015

Demo tersebut menyikapi akibat pernyataan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat diskusi di salah satu televisi swasta, yang mendiskreditkan organisasi dengan menyebut nama organisasi HMi ( Himpunan Mahasiswa Islam ).

Saut sebelumnya meminta maaf kepada Pengurus Besar HMI dan Korps Alumi HMI (KAHMI). (baca: Saut Situmorang Minta Maaf kepada Keluarga Besar HMI)

“Saya mohon maaf atas pernyataan saya. Sekali lagi, saya mohon maaf atas pernyataan saya,” kata Saut saat jumpa pers.

Saut mengaku tidak bermaksud menyinggung HMI maupun lembaga lainnya. Ia merasa ada kesalahpahaman atau persepsi.

Saut mengatakan Untuk itu, KPK akan melakukan pertemuan dengan pimpinan HMI untuk menyelesaikan masalah tersebut. Diharapkan, ke depannya, HMI bisa menjadi mitra KPK dalam pemberantasan korupsi.

“Kami (KPK) percaya, HMI sebagai salah satu pergerakan aktivis di Indonesia bisa menjadi mitra dalam upaya pemberantasan korupsi,” ucap Saut.

Dalam diskusi di salah satu televisi swasta, Saud mengatakan ,”karakter integritas bangsa ini sangat rapuh, Orang yang baik di negara ini jadi jahat ketika dia sudah menjabat. Lihat saja tokoh-tokoh politik, itu orang-orang pintar, orang-orang cerdas ”
“Saya selalu bilang, kalau di HMI dia minimal ikut LK 1. Lulus itu dia anak-anak mahasiswa, pintar. Tetapi, begitu jadi menjabat, dia jadi jahat, curang, ini karena apa? Karena saya bilang sistem belum jalan. Artinya apa? Adapun peraturan-peraturan itu tidak pernah kita jalankan…,” jelas Saut.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS