Apa Saja Manfaat Sedekah?

Apa Saja Manfaat Sedekah?

BN – Manfaat sedekah dalam Islam dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 245:

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.” (QS. Al-Baqarah: 245).

keutamaan sedekah dalam Islam ditegaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 271:

“Jika kamu menampakkan (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Vidio Kegiatan Rutin YPAI

Apa saja manfaat dari sedekah:

1.Melipatgandakan Pahala

Dengan Sedekah Allah SWT akan memberikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang bersedekah.

“Sesunggunya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Q.S. A-l-Hadid ayat 18).

2. Melipatgandakan Harta

Dapat melipatgandakan harta. Bersedekah tidak akan mengurangi harta yang dimiliki. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam: “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR Muslim).

Secara tersurat harta terlihat berkurang karena sedekah, namun kekurangan tersebut akan ditutupi dengan pahala di sisi Allah SWT dan akan terus bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak.

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (Q.S. Saba ayat 39).

3.Menghapus Dosa

Rasulullah SAW bersabda.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

4. Menyembuhkan Penyakit

Rasulullah SAW bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR. Ath-Thabrani).

Dari manfaat sedekah dalam Islam ini berarti dengan melakukan sesuatu hal yang positif, seperti bersedekah, maka akan meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh). Sehingga tubuh lebih kuat menghadapi penyakit.

5. Naungan di Hari Kiamat

Rasulullah bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, “Sebagau naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan melalui sedekah.

6. Medapatkan Kebahagiaan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor University of Oregon dan timnya menemukan bahwa manfaat sedekah mampu menciptakan rasa bahagia karena otak melepaskan dopamin dan endorfin sehingga diri sendiri merasa lebih gembira. Penelitian dari Jerman juga menemukan manfaat sedekah menciptakan rasa puas dan bangga terhadap diri sendiri karena dirimu tahu telah melakukan hal yang baik dan berguna untuk orang lain.

7. Mempererat Tali Silaturahmi

Berbagi dengan cara sedekah akan mempererat ikatan sosial dengan sesama. Dirimu tidak pernah tahu seberapa besar kamu membutuhkan bantuan orang lain kelak. Manfaat sedekah dalam Islam akan membuat dirimu menambah keluarga, teman baru atau kerabat baru. Tidak menutup kemungkinan, mereka akan membantumu suatu saat. Kalaupun tidak, Tuhan tidak pernah menutup mata bagi mereka yang ikhlas bersedekah.

8. Kelangsungan Warisan

Dalam Hadis riwayat Ahmad Rasulullah bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, “Tidaklah seorang yang bersedekah dengan baik kecuali Allah memelihara kelangsungan warisannya.”

Rasulullah bersabda. “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.”

Diriwayatkan juga manfaat sedekah dalam hadist riwayat Muslim, “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.”

9. Menghindarkan Marabahaya

Dapat menolak bala, penyubur pahala, menahan musibah, dan kejahatan serta rezeki yang dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Rasulullah bersabda tentang manfaat sedekah, “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”

Rasul bersabda.
“Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.”

10. Mendatangkan Keberkahan

Dapat membersihkan harta sehingga mendatangkan keberkahan. Sebagaimana yang dicatatkan dalam firman Allah SWT, “Ambillah (sebagian) dari harta menjadi sedekah (zakat), supaya dengannya engkau membersihkan harta itu (dari dosa) dan mensucikan mereka (dari akhlak yang buruk).” (QS at-Taubah [9]: 103).

11. Akan Selalu Bersyukur

Dengan bersedekah akan mengingatkan siapa pun untuk bersyukur, baik yang memberi sedekah maupun yang menerima sedekah. Pemberi sedekah akan menyadari manfaat sedekah dalam Islam, bahwa dirinya telah diberikan lebih banyak rezeki sehingga patut mensyukuri kecukupan harta dan kondisinya saat ini.

12. Memudahkan Jalan ke Surga

Dari Ali ra berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam:

“Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.”Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi)

13. Mendapat Keridhoan Allah SWT

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah menyatakan tentang manfaat sedekah dalam Islam:

“Puasa, sholat dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, sholat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 298).

14. Dikabulkan Permintaannya

Bersedekah yang diiringi doa dapat membantu terkabulnya permintaan, memperlancar rezeki, mengangkat penyakit, hingga memudahkan segala urusan.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semoga  Ayah/Bunda/ Kakak dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahuwata’ala. Aamiin

Yayasan Para Aulia Indonesia ( YPAI ) merupakan Lembaga sosial non profit yang bergerak di bidang sosial, Pendidikan, Kemanusiaan, dan Keagamaan yang didirikan pada Tanggal 5 september 2014 di Desa Ciledug Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Yayasan Para Aulia Indonesia mengajak Ayah/Bunda/ Kakak untuk menyisihkan Rizkinya, berbagi Sembako untuk Yatim & Dhuafa YPAI.

Allah SWT mengangkat amal perbuatan manusia, memberikan ampunan dan curahan kasih sayang.

Aktivitas2 di YPAI adalah Santunan Doa bersama Anak Yatim ( setiap Kamis dan Jum’at ), Santunan Door to Door, Santunan On The Road, Santunan PHBI dan Pembagian Nasi Kotak/Sembako, Mengajarkan membaca Al-qur’an, Tahfiz Al Qur’an, serta Mengajarkan Matematika dan Bahasa Ingris bersama Yatim & Dhuafa.

Lihat aktifitas YPAI.
YouTube: YAYASAN PARA AULIA INDONESIA
FB: YAYASAN PARA AULIA INDONESIA
IG: ypai_foudation
Web : www.paraaulia.com

1. Sekretariat Yayasan:

Jalan MT. Haryono Mustika Gandaria A10. No.14 Desa Ciledug Kecamatan Setu Kab.Bekasi.

2. Rumah Belajar Yayasan:

Jalan MT.Haryono Perum Griya Setu Permai 3 blok JJ 1 nomor 12 RT 08/ RW 016  Desa Ciledug Kecamatan Setu Kab. Bekasi

Rek Donasi : a/n Yayasan Para Aulia Indonesia. ( YPAI )

* Bank Mandiri:156-00-1550848-6
* Bank Syariah Indonesia: 7174816411*
* Bank BRI:1186.01.000322304
* Bank BNI :1184563895
* Bank BJB :0061114610100

Konfirmasi. Telp (021) 82648989/ WA. 082125833065

Web: https://paraaulia.com/

CATEGORIES
TAGS
Share This