Bebas Asap Kendaraan Bermotor Dengan Car Free Day

Kediri ( BerantasNews ) – Warga yang berada di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, kini bisa sedikit lega bila hari minggu tiba, karena “Car free day” kini ditetapkan akan terus berlangsung di kawasan Jl.Panglima Sudirman, Jl. A.Yani , dan Jl. WR.Supratman. Dandim Kediri, Letkol Inf Purnomosidi dan Kapolres Kediri, AKBP Yosep Gunawan bersama warga setempat ,turut meramaikan suasana car free day, dengan menelusuri sepanjang jalan yang ditutup untuk kendaraan bermotor, minggu (07/08/2016).

Dari keterangan AKBP Yosep Gunawan, keberadaan car free day di Kecamatan Pare, akan mengimbangi keberadaan program tersebut yang sebelumnya sudah berlangsung di kawasan SLG atau tepatnya di Kecamatan Ngasem.

Seperti biasa, volume kendaraan bermotor di areal yang diberlakukannya car free day tersebut, mengalami peningkatan setiap hari minggu, karena sebagian besar warga melepaskan masa kerja selama sepekan sebelumnya, dengan memanfaatkan masa libur di hari minggu. Jalur lalu lintas yang dipergunakan untuk car free day dari sektor utara dialihkan ke Jl.Gajahmada dan Jl Yos Sudarso, untuk sektor selatan, dialihkan ke Jl. Wilis dan Jl. Arjuna, sedangkan sektor barat dialihkan ke Jl. Jawa dan Jl. Kamboja.

Menurut Letkol Inf Purnomosidi, sejenak warga akan menikmati libur di hari minggu tanpa asap kendaraan bermotor dan bisa merasakan udara pagi tanpa polusi udara, apalagi tepat dijantung Kecamatan Pare terdapat lokasi “refreshing” yang berada di alun-alun Mbah Budo, yang lokasinya berada di sebelah Kantor Telkom.

Areal jalan raya yang diberlakukan car free day tersebut, cukup panjang, bahkan mampu mengakomodir ribuan pejalan kaki yang ingin menikmati udara pagi tanpa kendaraan bermotor, dan animo masyarakat juga cukup banyak. Disamping itu, bagi para pedagang kaki lima yang ada di sekitar kawasan tersebut, juga mendapatkan berkah dari program tersebut.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS