Dua Pemenang Anugerah Jurnalistik Polri 2018 Berkesempatan Meliput Kunjungan Kerja Kapolri ke Luar Negeri

Jakarta – Era demokrasi menggiring suhu politik di Indonesia semakin mamanas, terutama pada penyelenggaraan Pilkada 2018, Polri sebagai sistem pendingin (cooling system) dalam pesta demokrasi tersebut berupaya melakukan langkah strategis pengelolaan narasi publikasi yang mendukung kinerja Polri dengan menggandeng media massa terkait pemberitaan Pilkada Damai.

Upaya tersebut diwujudkan melalui terselenggaranya Anugerah Jurnalistik Polri 2018 dengan tema “Bersama Polri Wujudkan Pilkada Damai 2018” yang telah dimulai sejak 23 Maret hingga 1 Juli 2018 lalu, mulai dari kategori media cetak, online, radio, hingga televisi dengan tujuan mengajak seluruh insan media untuk menyampaikan pesan-pesan sejuk kepada publik melalui pemberitaan Pilkada Damai. Perlombaan tersebut telah memasuki tahap terakhir yaitu pengumuman pemenang perlombaan dan pemberian sejumlah hadiah yang diberikan langsung oleh Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H, Kapuspen TNI Mayor Jendral Arif Fadilah, Ibu R. Sophia Alisa (BRI), Irjen. Pol. Drs. Gatot Edi dan Adiatna Sarjito (Pertamina).

Penyelenggaraan penganugerahan kepada para pemenang bertempat di Main Atrium Ground Flour, Mall Gandaria City, Jakarta pada pukul 19:00. Selain itu terdapat stand kepolisian yang akan dipamerkan kepada masyarakat hingga tanggal 22 Juli 2018 mendatang.

Sebagaimana telah diumumkan sebelumnya bahwa para pemenang dari kategori yang dilombakan yaitu, jurnalis, foto dan karikatur akan membawa pulang sejumlah uang tunai, trophy, piagam serta hadiah utama berupa kesempatan meliput kegiatan Kapolri ke luar negeri (menghadiri raker interpol dan kerjasama antar polisi luar negeri).

Berikut adalah daftar para pemenang Anugerah Jurnalistik Polri 2018 yaitu :

Kategori Media Cetak
–              Juara 1 : Muhammad Ikhsan Mahar (Kompas)

–              Juara 2 : Dimas Nur Aprianto (Jawa Pos)

–              Juara 3 : Bagus Supriadi (Radar Jember)

Kategori Media TV
–              Juara 1 : Mariyo Sarong diwakilkan oleh Veronica Hevny (Kompas TV)

–              Juara 2 : Yuliana Horisman (Jawapos TV)

–              Juara 3 : Dedi Prasetya (INEWS)

Kategori Media Radio
–              Juara 1 : Setyo Nuryanto (MNC Trijaya)

–              Juara 2 : Anita Reta Kusuma (Mayangkara Blitar)

–              Juara 3 : Robin Abdurahman (RRI Purwokerto)

Kategori Media Online
–              Juara 1 : Agus Wahyuni (SUARAPEMREDKALBAR.COM)

–              Juara 2 : Zen Teguh Triwibowo (INEWS.ID)

–              Juara 3 : Asep Abdullah (SUARAMERDEKA.COM)

Kategori Foto Jurnalis / Media / Profesional
–              Juara 1 : Maman Sukirman (Koran Sindo Makasar)

–              Juara 2 : Widiarso (Riaukepri.com)

–              Juara 3 : Agus Bagjana (Pos Metro)

Kategori Foto Umum / Pelajar / Mahasiswa
–              Juara 1 : Andi Suryanto (Kepri)

–              Juara 2 : Dedy Damiyanto (Jateng)

–              Juara 3 : Fadkus Soim (Jateng)

Kategori Foto TNI / Polri
–              Juara 1 : Imam Bukhori (Bidhumas Polda Papua)

–              Juara 2 : Saefuloh (Divhumas)

–              Juara 3 : David Setyo Cahyono (Pendam III / Siliwangi)

Kategori Komik
–              Juara 1 : Din Damar Insani (Background Artis)

–              Juara 2 : Agung Prabowo (Guru)

–              Juara 3 : Edy Ritonga (Animator)

Selanjutnya selesai memberikan hadiah kepada juara 1, panitia mengumumkan pemenang kategori best of the best kepada dua yang kesempatan meliput kegiatan Kapolri ke luar negeri diberikan kepada Muhammad Ikhsan Mahar (Kompas Cetak) dengan judul “Menjaga Harmoni di Mesuji” dan Mariyo Sarong yang diwakilkan oleh Veronica Hevny (Kompas TV) dengan judul “Jaga Pesta Demokrasi”

Selain itu, sponsor utama dalam acara ini yakni BRI, Pertamina dan pihak Gandaria City serta para Pejabat Tinggi Mabes Polri, pimpinan redaksi, segenap dewan juri dan para tamu undangan juga turut memeriahkan penganugerahan kepada jurnalis dengan total sekitar 300 orang.

Dalam sambutannya Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H, mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan karya luar biasa dari para jurnalis, juri-juri yang kredibel dan para sponsor yang telah mendukung lancarnya acara ini.  Anugerah jurnalistik ini juga diharapkan mempunyai nilai yang lebih untuk memacu rekan-rekan jurnalis baik dari media cetak, online, foto dan komik untuk berkarya lebih baik lagi dengan harapan Polri ingin menjaring atau mendapatkan masukan dari masyarakat terkait Pilkada Damai 2018.

Puncak acara dtandai dengan penayangan hasil karya pemenang lomba yang disertai sambutan dari perwakilan pemenang di setiap kategori. Kunjungan Kadiv Humas polri ke stand kepolisian yang telah disediakan menjadi penutup dari rangkaian acara Anugerah Jurnalistik Polri 2018. ( red )

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS