Menteri Pertanian RI Menerima Kunjungan Wakil Menteri Pertanian Brazil

Jakarta – Menteri Pertanian RI, didampingi oleh Staf Ahli Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional, Tenaga Ahli Menteri Bidang Tata Hubungan Kerja Lingkup Kementan, dan Staf Khusus Menteri Bidang Hubungan Masyarakat, menerima kunjungan Wakil Menteri Pertanian Brazil, H.E. Mr. Eumar Roberto Novacki, yang didampingi oleh Director of Non-Tariff Negotiation, Mr. Alexandre Pontes Pontes dan Secretary of Agricultureof the State of Rio Grande do Sul, Mr. Ernani Polo bertempat di Ruang Kerja Menteri Pertanian pada tanggal 12 Februari 2018.

Menteri Pertanian RI meminta dukungan pihak Brazil untuk mengkonter kampanye negative yang selama ini dilakukan oleh pihak Uni Eropa terhadap komoditas sawit Indonesia. Menteri Pertanian menegaskan keberlanjutan komoditas sawit di Indonesia terkait sangat erat dengan penghidupan 30 juta masyarakat yang bergantung secara langsung pada sektor sawit. Gangguan terhadap sawit akan menyebabkan hilangnya sumber pencaharian 30 juta penduduk yang dapat memicu kerawanan sosial, yg pada gilirannya dapat mendorong mereka melakukan perambahan hutan kembali dan perusakan lingkungan yang lebih parah.

Menteri Pertanian menyambut baik keinginan pihak Brasil untuk mengekspor ternak sapi indukan dalam rangka meningkatkan populasi sapi dan kemandirian dalam pemenuhan kebutuhan konsumsi protein asal hewani di Indonesia. Selain itu, Menteri Pertanian juga mengundang pihak Brazil untuk berinvestasi di pengembangan ternak sapi di Indonesia.

Menanggapi keinginan pihak Brasil untuk mengekspor daging ayam ke Indonesia, Menteri Pertanian RI meminta pihak Brazil untuk tidak melakukan hal tersebut mengingat saat ini Indonesia sudah surplus produksi daging ayam dan bahkan sudah melakukan ekspor ke 6 (enam) negara. Keinginan ekspor daging ayam Brazil ke Indonesia dapat mengganggu sistem produksi yang sudah terbentuk dan berjalan dengan baik. Namun demikian, Menteri Pertanian RI mengundang pihak Brazil untuk melakukan investasi pada sektor pengolahan daging ayam serta industri pengolahan pakan ternak.

Pihak Brazil menekankan pentingnya penguatan kerjasama bilateral bidang pertanian melalui pengaktifan kembali forum Consultative Committee on Agriculture (CCA). Melalui forum ini dapat dibahas berbagai isu penguatan kerjasama bidang pertanian antara kedua negara.

Kedua belah pihak juga sepakat untuk penguatan kerja sama bidang riset dan teknologi serta fasilitasi akses pasar untuk komoditas buah. Konkrit kerjasama ini akan dibahas melalui pertemuan level teknis. ( dino )

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS