Nelson Daaniel Boling Mengikuti Tes Tertulis Kompolnas

Jakarta – berantasnews. Nelson Daaniel Boling, SH dari Lembaga Bantuan Hukum Advokat Institut Lembaga Sembilan mengikuti Tes Tertulis Kompolnas dari 81 peserta yang diterima Panitia Seleksi/ Pansel.
Pria kelahiran Alor, 20 Desember 1975 ini menginginkan jika ia terpilih sebagai anggota Kompolnas akan memperhatikan kondisi kepolisian di daerah dalam menangani berbagai macam kasus.
Selama ini kasus-kasus di daerah masih belum berpihak pada keadilan. Sehingga perlu adanya perhatian khusus dari Kompolnas.
Kompolnas itu sendiri sebenarnya membantu Presiden dalam menetapkan arah kebijakan Kepolisian Negara Republik Indonesia Memberikan pertimbangan Kepada Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri Wewenang:
Mengumpulkan dan menganalisis data sebagai bahan pemberian saran kepada Presiden yang berkaitan dengan anggaran Polri, pengembangan
sumber daya manusia Polri , dan pengembangan sarana dan prasarana Polri.
Memberikan saran dan pertimbangan lain kepada Presiden dalam upaya mewujudkan Polri yang professional dan mandiri.
Menerima saran dan keluhan masyarakat mengenai kinerja kepolisian dan menyampaikan kepada Presiden.
Keluhan adalah pengaduan masyarakat yang menyangkut penyalahgunaan wewenang dugaan korupsi pelayanan yang buruk, perlakuan diskriminasi,
dan penggunaan diskresi yang keliru.
Namun untuk mencapai tujuan menjadi Kompolnas harus mengikuti serangkaian tes. Dan anggota Kompolans harus  memiliki integritas dan moralitas yang tinggi, memiliki kapabilitas serta memahami tugas pokok fungsi dan peranan dari Kepolisian Republik Indonesia.
Syarat itu standar mutlak yang harus dimiliki setiap anggota.
Sementara, menurut salah satu anggota Pansel, Neta S. Pane, calon yang mendaftar adalah para pakar di bidang kepolisian.
Dengan adanya tes tertulis, Pansel bisa mengetahui gagasan murni yang mereka miliki.
“Saya rasa tidak akan menjadi beban bagi peserta. Pansel ingin melihat sampai di mana kepakaran mereka. Kami akan menilai siapa yang terbaik,” kata Nelson. (Sri S)
CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS