Polisi Akan Kerahkan Pasukan Untuk Pengamanan Kepulangan Habib Rizieq Shihab

JAKARTA – Dalam pertemuan itu Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, polisi memiliki rencana pengerahan pasukan untuk melakukan pengamanan kepulangan pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab dari Arab Saudi.

Meskipun begitu, surat perintah (sprin) pengamanan tersebut belum terbit. “Ya memang kami kan punya rencana pengamanan itu, tapi belum ada sprin-nya,” ujar Argo saat dihubungi, Minggu (11/6/2017).

Argo menuturkan, setiap kegiatan-kegiatan yang menonjol dipastikan memiliki surat perintah pengamanan. Terlebih, ada kemungkinan pengerahan massa dari para pendukung Rizieq saat dia pulang nanti.

“Ya nanti kami lihat kapan pulang. Kalau ada massa kan harus ada pengamanan. Kami lihat kondisi di lapangan seandaianya yang bersangkutan pulang,” kata dia.

Argo mengatakan, hingga saat ini polisi belum melihat tanda-tanda kepulangan Rizieq ke Tanah Air. Dia juga belum mengetahui tindak lanjut dari habisnya visa milik Rizieq pada Senin (12/6/2017) besok.

“Belum dapat informasi. Polisi kan jelas statement-nya, nunggu. Kalau di bandara datang, ya kami nunggu saja,” ucap Argo. Rizieq ditetapkan sebagai tersangka kasus chat WhatsApp berkonten pornografi yang diduga melibatkan dirinya dan Firza Husein. Penetapan tersangka dilakukan pada 29 Mei 2017 silam.

Sebelum Rizieq, Firza sudah terlebih dahulu ditetapkan tersangka dalam kasus tersebut. Pengacara Rizieq, Eggi Sudjana, Meskipun begitu, Eggi menyebut belum ada konfirmasi lebih lanjut dari Pemerintah Arab Saudi mengenai perpanjangan visa itu. “Kan ditambah visanya dari Pemerintah Saudi. Belum dapat konfirmasi, tapi terakhir kemarin bilang akan diperpanjang,” ujar Eggi, Minggu.

Namun, mereka tetap menjemput dengan tertib layaknya menyambut Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud yang pernah berkunjung ke Indonesia. “Kita jemputnya bukan di tengah jalan, tetap di pinggir (jalan) seperti Raja Salman,” ujar Idrus

CATEGORIES
TAGS
Share This