Presiden Jokowi Resmikan Masjid Raya KH. Hasyim Asy’ari

Jakarta – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan Plt Gubernur Sumarsono meresmikan Masjid Raya KH. Hasyim Asy’ari di Jalan Daan Mogot KM. 14, samping komplek Rusunawa Persakih, Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu 15/4/2017.

Presiden Jokowi pada sambutannya menyebut pembangunan masjid ini bukti komitmen pemerintah terhadap hak beribadah warga Umat Islam.

“Masjid raya ini dinamakan Masjid KH. Hasyim Asy’ari. Bukan tanpa sebab. Menurutnya, Kita tahu Almarhum KH. Hasyim Asy’ari adalah pejuang pahlawan nasional yang mencintai republik ini dengan sepenuh hati.” katanya.

“Beliau telah membuktikan bahwa kecintaan terhadap negeri takkan terlunturkan komitmennya. Sebagai tokoh pendiri Ormas Islam Nahdlatul Ulama, KH. Hasyim Asy’ari sudah meletakkan pondasi agama yang moderat pada bangsa Indonesia ini.” ” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi berharap keteladanan KH. Hasyim Asy’ari dapat dicontoh. “Kita perlu meneladani jasa-jasa Beliau dalam nilai-nilai ke-Islaman ke-Indonesiaan, Keagamaan yang sesuai dengan sesuai prinsip Islam Rahmatan lil ‘alamin. Bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk yang plural, negara yang beragam. Masjid ini menjadi simbol ke-Islaman yang ramah, Islam yang moderat yang menjadi pilar keberagaman kota Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya,” lanjutnya.

Selain itu, pembangunan masjid di area seluas 2,4 hektare ini menurut Jokowi menjadi bukti komitmen pemerintah pusat dan pemerintah DKI Jakarta mendukung hak beribadah warganya. Jokowi juga mengaku senang dengan arsitektur berornamen Betawi pada masjid.

“Sewaktu menjadi gubernur Jakarta saya yang meletakkan batu pertama pembangunan masjid ini pada tahun 2013. Karena jakarta barat sebelumnya belum memiliki masjid raya. Setelah peletakan batu pertama dimulai, dan diselesaikan oleh Gubenur Basuki Tjahaja Purnama, masjid ini telah selesai 100%,” papar Jokowi.

“Saya senang masjid ini penuh dengan ornamen Betawi karena waktu itu kita minta ornamen, di setiap tiang kita lihat ada pagar ini juga khas Betawi,” sebut Jokowi.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS