Presiden RI  Joko Widodo Pimpin Langsung Upacara HUT Bhayangkara Ke 74

Presiden RI  Joko Widodo Pimpin Langsung Upacara HUT Bhayangkara Ke 74

Jakarta – Presiden Republik Indonesia joko Widodo pimpin langsung upacara hari ulang tahun bhayangkara ke 74

Bertempat di jakarta Rabu 1 juli 2020.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam pidatonya mengatakan:
Atas nama Rakyat bangsa dan negara saya  mengucapkan hari Bhayangkara ke 74. Kepada keluarga besar kepolisuan Republik Indonesia di manapun saudara saudara bertugas.

Terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas pengabdian pengorbanan dan sumbangsih saudara saidara sekalian.

Dalam Rangka menjaga keamanan dan menjaga ketertiban dalam menegakkan hukum serta dalam memberi pengayoman dan pelayanan pada masyakat.

Marilah kita doakan kepada prajurit yang gugur dalam tugas, dan diberikan tempat yang mulia di sisi tuhan yang màha esa

Dan pada seluruh personil polri dan keluarganya, senantiasa diberikan kesehatan Aamiin ..

Sebagai pejuang bangsa kita tidak boleh cepat  menyerah pandemi covid yang melanda dunia termasuk indonesia cobaan yang berat.

Kita harus terus berihktiar dan bejerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi.

Dalam situasi yang sulit sekarang ini kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran polri sangat sangat dibutuhkan, mulai dari jajaran Mabes dan Polda, polres dan polsek sampai bhabinkamtibmas di desa desa ujar presiden.

Harus ikut andil terlibat dan mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, adil dalam mengawal dan ketepatan  penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan, dan ketertiban agar situasi tetap kondusif, tetap aman,dan damai, ujar joko Widodo.

Kepada wartwan BerantasNews mantan kapolri Tito Karnavian menjelaskan: Hari polri ini baru pertama kali dilaksanakan secara virtual.

Yang biasanya secara visikel yang bentuk upacara, tapi saya ingin mengingatkan bahwa 1 juli 1946  bukan hari lahirnya polri.

Polri sudah ada atau  kepolisian Negara Republik Indonesia, ketika letnan Muhamad Yasin di surabaya menyampaikan bahwa kepolisian yang ada saat itu di bawah jepang.

Berada dan mendiklir menjadi kepolisian Negara Repiblik Indonesia, yang dideklarasikan dan diproklamirkan oleh bung Karno dan Hatta tanggal 17 agustus.

Itu peristiwanya hanya beberapa hari dalan bulan agustus artinya sudah ada kekuatan saat itu, terorganisir, terlatih, dan memiliki pasukan lengkap.

Saat itu kepolisian itu adalah sejarah dan kemudian pada saat itu ditempatkan di bawah kementrian dalam Negri,

Dan pada 1 Juli  1946 dikembalikan posisinya ke perdana perdana mentri, artinya juga berhubungan langsung ke presiden.

Jadi apa yang kita peringati itu bukan hari lahirnya polri, tapi  bersatunya komponen komponen polri di tetapkan dari kementrian dalam negri,  menjadi di bawah perdana mentri saat itu.

Dan bertanggung jawab langsung ke presiden, jadi jangan sampai salah persepsi bahwa polri adanya 1 Juli 1946. Jadi tahun ini kita merayakan ke 74 dalam suasana bersejarah untuk kita, karena di laksanakan secara virtual, tapi tidak mengurangi kehikmatan.

Dihadiri komponen seluruh Indonesia para purnawirawan  yang ada di lindik, saya mungucapkan selamat ulang tahun pada polri, untuk rekan rekan yang masih tugas di polri tetep semangat karena polri sangat besar dangan hampir 446 ribu.

Memberi kontribusi yang sangat penting dengan pandemi covid ini semua bergerak Ujar Tito karnavian. ( str& Sri )

CATEGORIES
TAGS
Share This