Ratusan Anggota Polresta Pontianak Berserta Jajaran Mengikuti Tes Psikologi

Kubu Raya – Tim penguji tes Psikologi Pemegang Senpi saat itu dari Polda Kalbar yang dipimpin langsung oleh AKBP Pratiwi selaku Kabag Psikologi Biro SDM Polda Kalbar dan peserta yang mengikuti Tes Psikologi Pemegang Senpi sebanyak 115 personil jajaran Polresta Pontianak Kota.

Kegiatan Tes Psikologi Pemegang Senpi Dinas saat itu dipantau langsung oleh Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Wawan Kristyanto dan Kabag Sumber daya Manusia (Sumda) Kompol Agus Mulyana.
Kompol Agus Mulyana menuturkan adanya kegiatan Tes Psikology ini adalah hal yang wajib untuk personil polri yang memegang senjata api maupun yang akan mengajukan pinjam pakai senjata api dinas.

Ditempat yang terpisah Kapolsek Sungai Kakap Iptu Antonius Pardamean menerangkan, anggota Polsek Sungai Kakap yang memegang Senpi Dinas sebanyak 19 orang dan pada hari ini sebanyak 8 anggota Polsek Sungai Kakap yang dapat mengikuti Tes Psikologi karena anggotanya yang lain masih ada kegiatan atau Pekerjaan Dinas yang harus dikerjakan oleh anggotanya dan untuk anggotanya yang Belum mengikuti tes Psikologi pada hari ini akan mengikuti Tes Psikologi pada gelombang ke 2 di Polresta Pontianak Kota yaitu pada hari senin tanggal 1 Oktober 2018.

Iptu Antonius Pardamean menjelaskan, dirinya memerintahkan anggotanya untuk mengikuti Tes Psikologi Pemegang Senpi di Polresta Pontianak Kota karena salah satu syarat penggunaan atau Pemegang senpi Dinas adalah anggota harus lolos tes psikologi, Tes ini pun dilakukan setahun sekali dan bila masa berlaku surat Pemegang Senpi ini habis, maka senpi harus digudangkan dan dapat dipakai setelah anggota melakukan perpanjangan.

Antonius Pardamean menekankan tes psikologis dinilai penting dalam penggunaan senjata api untuk mengetahui tingkat emosi penggunanya yaitu anggotanya.
Lebih lanjut, setiap anggota kepolisian yang membawa senpi harus mempedomani standart operasi prosedur (SOP) penggunaan senpi, khususnya saat bertugas di lapangan. Tegas Iptu Antonius Pardamean.(Tim/isamail)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS