Sekjen Kemenkumham Buka Uji Kompetensi Pejabat Imigrasi

SURABAYA – Kemenkumham sedang berupaya melakukan pemetaan data dan profil talent-talent para pejabat teknis keimigrasian. Untuk mensukseskan hal tersebut, diadakanlah uji kompetensi (Assesment) bagi 90 Pejabat Imigrasi yang menduduki Jabatan Pengawas di lingkungan Kemenkumham.

Uji Kompetensi yang berlangsung di Hotel Vasa itu berlangsung sejak kemarin (2/10) hingga 5 Oktober 2019 mendatang. Kegiatan tersebut dibuka langsung Sekretaris Jenderal Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto. Selain Sekjen, Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi Maryoto Sumadi dan beberapa Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kemenkumham juga hadir.

Bambang membuka sambutannya dengan menanyangkan vidro pendek tentang pentingnya transformasi. Menurutnya, transformasi adalah hal yang harus dilakukan oleh semua jajarannya. Tujuannya untuk memberikan sesuatu yang positif kepada bangsa dan negara. “Perubahan harus terus menerus dilakukan. Tidak hanya dari yang jelek ke baik. Tapi terus menerus, termasuk dari yang baik ke yang lebih baik lagi,” tegasnya.

Selanjutnya, Bambanh mengungkapkan bahwa uji kompetensi ini bertujuan untuk memotret potensi dan kompetensi pejabat imigrasi. Serta memperoleh data dan profil pejabat tersebut. Bukan perkara lulus atau tidak lulus. Melainkan keinginan untuk memberikan kontribusi yang baik dan ingin terus berubah. “Selanjutnya menjadi dasar penilaian atau seleksi lebih lanjut, serta pengembangan kompetensi kepemimpinan kader yang potensial,” ujarnya.

Karena menurutnya, organisasi akan maju dengan tiga hal, yaitu dengan tata nilai, tata kelola dan tata kesejahteraan yang baik. “Kita sudah punya tata nilai yang bagus, tapi jika tidak ada tata kelola yang baik, maka akan percuma. Jika tata kelola sudah dilakukan dengan baik, maka akan mencapai tata kesejahteraan yang baik,” terangnya. Acara kemudian dibuka secara simbolis oleh Sekjen dengan memukul gong.

Sebelumnya Susy menyampaikan sambutan selamat datang. Menurutnya, pihaknya sebagai tuan rumah berharap kegiatan ini berlangsung lancar dan sukses. Dia juga memberikan semangat kepada para peserta assesment agar memberikan yang terbaik sehingga mendapat hasil yang diinginkan. “Kami sangat bangga dan merasa senang karena bisa terlibat dalam kegiatan untuk menemukan kader-kader terbaik di Kemenkumham,” terangnya. ( sri )

CATEGORIES
Share This