WAKAPOLDA PAPUA TERIMA KUNJUNGAN DUBES SELENDIA BARU

Papua – Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Agus Rianto, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa, “pada kegiatan kunjungan Duta besar selandia baru ke polda papua ini, kami memberikan informasi terkait dengan situasi di provinsi papua. sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa, kekayaaan alam di papua melimpah baik flora maupun faunanya serta banyak pengaruh yang berkembang di masyarakat karena menyangkut dengan pemekaran wilayah provinsi papua hal ini dapat menimbulkan konflik antar pendukung juga terkait dengan perang suku dan ketergantungan masyarakat dengan minuman keras”.

Lanjut Wakapolda, “terkait dengan kejahatan tidak jauh berbeda dengan wilayah lain. yang menjadi perhatian saat ini adalah kasus narkotika. saat ini kasus narkotika mengalami peningkatan dan usia pelakunya banyak dari kalangan remaja. terkait dengan Pelaksanaan pemilukada 2017 ada 11 kabupaten yang nelaksanakan pemilukada. 5 kabupaten masih menimbulkan permasalahan dan dilakukan pemilihan suara ulang sedangkan 6 kabupaten lainya telah selesai dan berjalan dengan aman serta sudah ada yang dilantik. terkait dengan Ancaman faktual, ada beberapa kelompok tertentu seperti separatis baik dari dalam maupun luar negeri serta pernah juga terjadi perang suku yang melibatkan masyarakat lokal papua dengan pendatang dan pendatang dengan pendatang”.

Ada beberapa peristiwa yang dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tertentu untuk membuat berita-berita yang seolah-olah provinsi papua tidak aman yang mana sebenarnya tidak demikian, “Kami dari kepolisian sudah melakukan pemeriksaan terhadap korban dan sudah menetapkan DPO, Menyikapi kejadian yg ada saat ini, bapak kapolda sudah memerintahkan kepada polres jajaran untuk melakukan pengawasan agar masyarakat benar-benar merasakan keamanan di provinsi papua yang kita cintai ini” unkap wakapolda papua.

Duta besar selandia baru, Dr Trevor Matheson mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Papua, Wakapolda Papua dan pejabat utama Polda Papua.

“Saya memahami menjadi polisi di papua sangatlah berat dan sangat menantang, dimana letak geografis dan ideologi masyarakat yang menentang dengan Indonesia, Filosofi dasar kepolisian selandia baru ialah polmas, polisi mempunyai mitra menerapkan pemolisian masyarakat dengan kementerian tujuan utama adalah untuk meminimalisir masyarakat yang ditahan, memberikan kepercayaan kepada masyarakat”tutur duta besar selandia baru Dr Trevor Matheson.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS