Warga Hegarmukti Cikarang Pusat Sambut Baik Program Rutilahu

Bekasi – Warga Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat Kab. Bekasi menyambut baik program rumah tidak layak huni (Rutilahu) dari pemerintah Kabupaten Bekasi tahun 2017. Warga pun mengucapkan terima kasih kepada perangkat Desa khususnya kepada Kades Hegarmukti Jamad Jais yang mana telah memeperjuangkan warga yang kediamannya tidak layak huni menjadi lebih layak huni.

Salah satunya diungkapkan Kurniasih (40) warga Kampung Tegal Tipar RT001/003 Desa Hegarmukti yang kediaman ibunya atas nama Parti masuk sekala prioritas Rutilahu tahun 2017 yang saat ini pembangunan kediaman ibunya sudah hampir selesai.

”Untuk pencairan dana Rutilahu, ibu saya diantar langsung oleh PK Desa ke Bank, uang sebesar Rp15 juta langsung saya belanjakan ke bahan matrial seperti bata ringan (Hebel) kayu, pasir, asbes, keramik, dan ongkos tukang, bahkan untuk atap saya menggunakan baja ringan karena harganya hampir sama dan lebih kuat,” kata Kurniasih kepada berantasnews Kamis 23/11/2017, seraya mengatakan ibunya masih kerja pulangnya sore.

Dikatakan Kurniasih, dana Rutilahu sebesar Rp15 juta ternyata masih kurang, karena memang yang diperbaiki itu rumah ibunya maka sisanya menggunakan dana sendiri.

”Rumah ibu saya itu dibongkar semuah, memang sudah rusak parah jadi pekerjaannya dimulai dari pondasi, alhamdulillah ada program Rutilahu, dan saya atas nama orang tua saya mengucapkan terima kasih sama pak lurah, rumah ibu saya sekarang sudah bagus karena ada bantuan dana Rutilahu,” ucapnya.

Sementara itu, pelaksana kegiatan (PK) Desa Hegarmukti Salim Martini mengatakan, yang masuk sekala prioritas Rutilahu di Desa Hegarmukti sebanyak 25 penerima manfaat.

”Semuanya 25 rumah tapi satu rumah tidak terserap karena meninggal dunia atas nama Anem warga Kampung Tegaldanas RT001/005,” jelasnya.

Dibeberkan Salim, dirinya selaku pelaksana kegiatan (PK) Desa mulai dari penerimaan data dari RT/RW terus pembuatan proposal, berita acara serah terima antara penerima PK Desa dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Bekasi.

”Setelah data lengkap dan tidak ada revisi saya serahkan ke bagian keuangan untuk di verifikasi, setelah itu bagian keuangan DPMD memberitahukan kepada PK Desa atau PK Kecamatan bahwa dana bantuan Rutilahu sudah bisa mencairkan. Saya selaku PK Desa mengantar warga yang akan menarik dana Rutilahu ke Bank,” bebernya.

Jamad Jais Kades Hegarmukti mengatakan, dirinya menghimbau kepada warga penerima manfaat agar dana bantuan Rutilahu dari Pemkab. Bekasi sebesar Rp15 juta bisa digunakan dengan baik, hanya untuk dibangunkan ke rumah tidak untuk hal yang lain.

”Saya terus sosialisasi dan mengawasi penggunaan dana Rutilahu agar digunakan untuk memperbaiki rumahnya masing-masing. Apalagi saat ini menghadapi musim hujan yang tadinya bocor, lantainya tidak make keramik, intinya tidak layak huni, dengan adanya bantuan dana Rutilahu dari pemerintah tentunya rumah warga bisa lebih layak huni,” pungkasnya. (sr)

CATEGORIES
TAGS
Share This