20 Januari KPU Gelar Gerakan Coklit Serentak Data Pemilih, Warga Diminta Bersiap

Kutai Barat – Masyarakat di 10 Wilayah Kabupaten /Kota se-kaltim dihimbau untuk bersiap di rumah masing masing, Sebab sesuai instruksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memulai kegiatan dan pencocokan dan penelitian (coklit) secara serentak nasional pada Sabtu (20/1/2018).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mohammad Taufik menyampaikan,

Kegiatan coklit hari pertama tersebut akan dilakukan secara serentak namun kegiatan ini akan berlangsung selama satu bulan hingga 18 Februari 2018, ucapnya saat gelar gerakan coklit serentak di kantor KPU Kubar pada Sabtu (20/1/2018).

Lanjut disampaikan, Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan berkunjung ke rumah warga dari pintu ke pintu untuk melakukan coklit Data pemilih tetap (DPT) terakhir hasil sinkronisasi dengan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4), jelasnya.

“Saya berharap Pemilih telah bersiap untuk ditemui PPDP. Makanya perlu komunikasi kapan bisa bertemu antara petugas dengan pemilih, ” harapnya.

Kegiatan coklit serentak nasional yang dilaksanakan di kaltim akan oleh sebanyak 7.558 Petugas PPDP. Pada Kegiatan coklit serentak hari ini, petugas PPDP akan didampingi oleh 3.810 orang.

Petugas PPDP akan didampingi oleh 3.105 orang PPS, 515 orang PPK, 50 Komisioner KPU Kabupaten/Kota dengan didukung 100 staf sekretariat, serta 5 Komisioner KPU Provinsi Kaltim (Ketua dan Anggota) didukung dengan 35 staf sekretariat (Sekretaris, Kabag, Kasubag dan jajaran staf).

Jika dirinci total Pergerakan dan Pelibatan Kekuatan Personil Gerakan Coklit serentak (GSC) di Provinsi Kaltim,

1. KPU Provinsi Kaltim Personil sebanyak 5 Komisioner dibantu 35 Staf Sekretariat maka total kekuatan personil 40 orang.

2. 10 KPU Kabupaten/Kota total personil sebanyak 50 orang komisioner masing masing KPU Kabupaten/Kota dibantu 100 orang staf sekretariat maka total kekuatan personil sebanyak 150 orang.

3. PPK sebanyak 515 orang dan PPS sebanyak 3.105 maka total kekuatan personil 3.620 orang.

4.PPDP Pilgub Kaltim sebanyak 7.558 orang.

Maka total kekuatan personil GSC kaltim sebanyak 11.368 orang bergerak Coklit serentak.

Kalau semua bergerak dengan jumlah PPDP sebanyak 7.558 dengan mendatangi lima rumah setiap satu orang PPDP pada hari ini, maka total rumah yang akan dikunjungi Coklit serentak sebanyak 37.790 rumah atau setara dengan 3,3 persen dari total 1.116.278 jumlah KK.

Dalam kegiatan coklit ini, secara tekhnis petugas PPDP akan berkunjung dari rumah ke rumah. Mereka membawa Data pemilih hasil sinkronisasi DP4 di cek dari rumah ke rumah. Apakah benar di rumah tersebut ada dua orang, tiga atau lebih yang sudah masuk hak pilih, dicek tanggal lahirnya, penulisan nama, jenis kelamin, alamat rumah dan seterusnya. Bahkan petugas PPDP juga harus mendata anggota keluarga yang sudah memiliki hak pilih tetapi belum terdata. Jadi PPDP mencatat yang harus dicatat dan mencoret yang harus di coret.

“Kami harapkan PPDP harus bekerja sungguh sungguh mendatangi rumah ke rumah setiap warga dan melaksanakan prosedur ini dengan benar,” terangnya.

Kami berharap Gerakan Coklit serentak nasional ini bukan hanya bagi penyelenggara pemilu, melainkan juga pengawas pemilu dan juga pemilih untuk menyambut dan berpartisipasi aktif dengan bersiap menerima kunjungan di rumah dan menyiapkan data data yang dibutuhkan seperti KTP elektronik atau Surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta Kartu Keluarga. (Henry Situmorang)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS