Petani Mulai Lakukan Kegiatan Panen Padi di Provinsi Lampung.

Lampung – Hari ini Jum’at tgl 19 Januari 2018 di beberapa titik di Kabupaten Lampung Tengah masih terpantau kegiatan panen padi. Petani tampak seperti biasa begitu bersemangat memanen sawahnya, walaupun beberapa hari terakhir ini memang harga gabah di lokasi sekitar mereka cenderung sedikit turun. Namun demikianlah tampaknya memang begitulah keseharian mereka pada umumnya. Karena menanam padi disamping utk pemenuhan kebutuhan keluarga, juga terutama memang usahatani merupakan mata pencaharian andalan mereka. Apalagi di era zaman now, kehadiran negara di berbagai pelosok tanah air sangat kental, termasuk dukungan inovasi teknologi dan kelembagaan. Hal ini tentu makin membuat gairah bertani mereka meningkat tajam. 

Pada hari ini kami mengamati aktivitas panen di:

1.Desa Tanggulangin Kec. Punggur Kab. Lampung Tengah,
yg menggunakan empat unit mesin panen combine harvester. Luas panen 6 ha dari luas hamparan 135 ha. Varietas yg ditanam Ciherang dengan provitas 7.8 ton/ha GKP, dengan harga gabah sedikit turun, yaitu Rp 5300/kg GKP atau pendapatan petani bruto setara dengan Rp 248.040.000;

2. Desa Sumber Rejo Kec Kota Gajah Kab. Lampung Tengah panen dengan dua unit mesin panen. Luas Panen 3 ha dari luas hamparan 65 ha. Varietas Ciherang dengan Provitas 7.9 ton GKP/ha, dengan harga gabah Rp 5300 atau pendapatan bruto petani setara dengan Rp.125. 610.000. ( dino )

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS