Atasi Permasalahan Sampah, Pemdes Pegagan Bangun Tungku Pembakaran Sampah

Kabupaten Cirebon – Sampah merupakan masalah yang klasik yang tak pernah berujung seiring dengan populasi penduduk. Bila dibiarkan begitu saja permasalahan ini akan mengundang berbagai penyakit dan terjadinya banjir tentu ini merupakan permasalahan serius yang harus segera ditangani.

20170608_095439

Dan juga permasalahan sampah jika tidak segera ditanggulangi selain membuat banjir dan penyakit, permasalah sampah juga bisa memicu konflik sosial di masyarakat.

Oleh karena itu Pemerintah Desa (Pemdes) Pegagan Kecamatan Palimanan membuat terobosan dengan membangun tungku pembakaran sampah di blok Kempek. Tungku pembakaran sampah ini dengan luas area 9 meter persegi dan tinggi bangunan sampai cerobong asap 9 meter dengan daya tampung sebanyak 7 m3 dan total biaya sebesar Rp. 90 juta.

Kepala Desa Pegangan H. Alfan Masadi, di ruang kerjanya, rabu (07/06/2017) kepada wartawan mengatakan, “Alhamdulillah kami Pemdes Pegagan bisa membuat tungku pembakaran sampah sendiri, ini adalah kemauan masyarakat demi menjaga kebersihan dan kesehatan di Desa Pegagan”, katanya.

Selain itu juga, lanjut Masadi, pembangunan tungku pembakaran sampah ini juga membantu pemerintah Kabupaten Cirebon dalam menghadapi persoalan sampah.

Diharapkan dengan adanya tungku pembakaran sampah ini dapat menampung seluruh sampah yang ada di Desa Pegagan, sehingga Desa Pegangan ini dapat terhindar dari penyakit akibat sampah. (HERI)

CATEGORIES
TAGS
Share This