Bareskrim Polri Tangkap Dua Tersangka Produksi Narkoba Jenis Cannabinoid Sintetis

Jakarta – Bareskrim Polri, penyidik Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri menangkap dua tersangka produsen tembakau narkoba di Bali.

“Tersangka memproduksi narkoba jenis cannabinoid sintetis yang dicampur dengan tembakau biasa,” kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri BRIGJEN Pol Eko Daniyanto dalam pesan singkat, Kamis (22/3/2018).

BRIGJEN Pol Eko mengatakan, kasus ini terungkap atas koordinasi Polri dan Bea Cukai. Awalnya ada informasi pengiriman paket narkoba. Pada Senin (19/3/2018), paket pengiriman barang diduga berisi narkotika cannabinoid sintetis berbentuk 5-flouro ADB berbobot 500 gram tiba di Denpasar.

Kemudian penyidik mendatangi alamat penerima yang tertera pada paket dan menangkap tersangka berinisial K (20). Tersangka K berperan sebagai penerima paket dan produsen narkoba dalam bentuk serbuk cannabinoid sintesis untuk bahan pembuatan tembakau narkoba dari Cina.

Selanjutnya penyidik menggeledah rumah tersangka di Jalan Tunjung Sari Perum Pesona Paramita 2 Denpasar. Rumah tersebut dijadikan sebagai home industry ganja sintesis. “Ditemukan bahan-bahan pembuatan ganja sintesis,” kata BRIGJEN Pol Eko.

Penyidik juga menangkap tersangka A (24) yang perannya turut serta memproduksi ganja sintetis dengan tembakau. Dari hasil penyidikan diketahui bahwa serbuk ganja sintesis ini berasal dari Cina. Serbuk ini merupakan bahan campuran tembakau.

Selain itu juga diketahui bahwa tersangka menjual barang tersebut secara daring melalui aplikasi pesan BBM, Line dan media sosial Instagram.

BRIGJEN Pol Eko mengatakan, bahwa peredaran ganja sintetis pernah ditemukan pada tahun 2015 dan 2016 dengan nama kemasan jual tembakau Hanoman dan tembakau Ganesha. Namun senyawa ganja sintetis tersebut berbeda dengan senyawa sintesis pada kasus ini (adhy/ant)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS