BMN Nagari Guguk Sarai Sumbar, Kunjungi Bumdes Mukti Tama Desa Lambur II.

Tanjung Jabung Timur Jambi – Badan Musyawarah Nagari (BMN) Guguk Sarai Kecamatan Sarai IX, Koto Sungai Lasi,Kabupaten Solok belum lama ini kunjungi Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des) Desa Lambur II, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur ,senen 27/8.

Rombongan BMN berjumlah enam orang itu terdari seorang ketua dan lima anggota tiba di Kantor Bumdes Lambur II pukul 11WIB, disambut Kepala Desa Andi ,beserta pengurus Bundes dan Faisal Camat Muara Sabak Timur.

“Andi Kepala Desa Lambur II mengucapkan trimakasih kepada rombongan Azhari Katik Sutan sebagai ketua BMN atas kesempatan kunjungan ke Bumdes Desa Lambur II “.
Walaupun sebenarnya kata Andi bahwa Bumdes Lambur II baru seumur jagung yang di louncingkan pada bulan juli lalu oleh Bank 9 Jambi bersama Bupati Romi Haritanto  ternyata sudah tersiar ke provinsi lain.

Dalam hal ini tentu suatu kebanggaan tersendiri bagi Desa Lambur II khususnya untuk pengurus Bumdes.
Dia menjelaskan bahwa kegiatan Bumdes Lambur II saat ini belum banyak melakukan aktipitas usaha  baru lima aitem,  anatara lain   isi ulang Air minum,jasa  ,permainan anak anak, tenda dan pasar.

Sementara untuk progaram pengembangan tahun ini Desa Lambur II akan menyerahkan ke Bumdes untuk pengelolaan lahan Sawit yang di tanam di tanah kas desa sistim bagi hasil 30% untuk Bumdes dan  70% untuk petani.

Sedangkan modal pertama yang dimiliki  Bumdes melalui Dana Desa (DD) pada tahun 2016-2017 lalu berjumlah Rp 199.000.000, dan tahun ini akan ada lagi penambahan modal sebesar Rp , 300.000.000, ujarnya.
Hal ini bertujuan agar bumdes dapat mengembangkan usaha dibidang lain agar Desa Lambur II dapat mandiri .Apabila nanti program DD tidak ada lagi maka Desa sudah mampu mandiri untuk membiayai kebutuhan pembangunan sarana dan prasananya, paparnya.

Dalam kesempatan itu juga Andi menceritakan bahwa Desa Lambur II, adalah Desa ekstransmigrasi dari pulau jawa pada tahun 1980 yang memikiki luas lahan dan pemukiman 3.000. ha.
Akan tetapi saat ini masyarakat di Lambur II tidak lagi mayoritas suku jawa.Namun sudah berbagai macam suku yaitu jawa, Bugis Padang, Batak, Palembang dan melayu.

Terkait dengan mata pencaharian Andi juga menjelas bahwa Desa Lambur II pada tahun 1980 -2000 lahan pertanian padi.Akan tetapi seiring berjalannya waktu masyarakat beralih fungsi ke perkebunan kepala sawit .Dimana saat ini kehidupan perekonomian di Desa Lambur II sudah makin membaik apa lagi sejak adanya dukungan DD untuk membangun jalan lingkungan sehingga akses masyarakat dalam beraktipitas makin baik,paparnya.

Eko Ketua Bumdes menyampaikan bahwa kondisi Bumdes Lambur II menurutnya belum ada apa apanya. Karena masih tergolong baru dan disisi lain anggota Bumdes masih awam dalam melakukan tindakan untuk bisnis apa yang dapat lebih efektip dan tidak berresiko merugikan Bumdes.

Namun kami kedepan akan mencoba melirik bisnis lain mengali potensi asli desa ini dan untuk kebutuhan sandang pangan sehari hari masyarakat desa lambur II .
Terkait dengan gaji Bumdes Mukti Tama belum dapat memberikan gaji untuk anggota saat kariyawan diberikan hanya untuk opersional saja. Imbuhnya.

“Azhari Katik Sutan Ketua BMN Nagari Guguk Sarai bersama rombongan sebelumnya menduga bahwa Desa Lambur II masih dikelilingi hutan dan sepi.Dan ternyata desa ini sudah ramai seperti kota” katanya.

Dan terkait dengan kunjungan rombongan untuk melihat secara langsung sistim pengelolaan Bumdes yang di Desa Lambur II.
Karena Nagari Guguk Sarai saat ini sedang mengodok peraturan tentang Bumdes.

Maka dengan hasil kunjungan hari ini ternyata modal utama Bumdes Desa ini isi ulang air galon . Pada hal jika dibandingkan di Kampung kami yang sumber mata airnya sangat kaya dan lebih mudah mendapatkan.
Hal inilah kami terinspirasi  untuk di mamfaatkan yang di Nagari Guguk Sari menjadi usah, ujarnya.

Selain itu kata Katik Sutan bahwa langkah langkah yang di programkan oleh Bumdes kedepan yaitu pembuatan tenda juga sangat positif untuk kegiatan di masyarakat dan apa yang dilakukan oleh Bumdes dilambur II sudah jadi modal untuk langkah awal bumdes di Nagari Guguk Sarai .

Ditambahkan  untuk Bumdes lambur II agar tetap semangat untuk meningkatkan  produksi khususnya isi air ulang jika dilihat jumlah penduduk persentase masih perlu ditingkatkan ,tutupya. ( jumi )

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS